Antisipasi Longsor, Pemdes Molobog Barat Bangun Talud Penahan Tebing

BNews, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Molobog Barat, Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan pembangunan Talud penahan Tebing.

Kepala Desa (Sangadi) Molobog Barat, Badiah Gansi mengatakan, bahwa pembangunan talud sepanjang 96,5 meter dan tinggi 1,5 meter itu menjadi salah satu program penggunaan dana desa Tahap 1 Tahun Anggaran 2023.

“Dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat setempat, dan diawasi langsung oleh TPK dan juga BPD,” kata Badiah. saat dikonfirmasi BolmongNews Selasa 13/06/2023.

Lanjut Badiah, sebagaimana yang diamanatkan oleh Permendes nomor 8 Tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa Tahun 2023, bahwa pelaksanaan kegiatan dana desa dikerjakan oleh masyarakat secara padat karya atau swakelola.

“Manfaat dari pembangunan Talud ini, demi mengantsipasi terjadinya Longsor yang berdampak kedapa rumah rumah warga seputaran tebing tersebut, jika tidak ditanggulangi dari sekarang maka akan membahayakan nyawa warga setempat dikemudian hari, dan saat sekarang pembangunan talud tersebut sudah mencapai 95% pekerjaan,” jelasnya.

Reporter: Gazali Potabuga

 

Komentar