Pj Wali Kota Buka Kegiatan Entry Meeting dan Sosialisasi Evaluasi Statistik Sektoral Tahun 2024

BNews, KOTAMOBAGU — Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, membuka kegiatan Entry Meeting dan Sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Kota Kotamobagu Tahun 2024. Acara ini digelar di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Rabu (08/05/2024).

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota menyampaikan apresiasi kepada Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kotamobagu dan seluruh jajaran yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini.

“Saya memberi apresiasi yang setinggi – tingginya kepada kepada Kepala BPS Kota Kotamobagu dan seluruh jajaran yang telah menggelar acara yang saya anggap sangat strategis ini, terkait dengan mewujudkan Satu Data Kotamobagu menuju Satu Data Indonesia,” ungkap Asripan.

Pj Wali Kota menekankan pentingnya data dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan. Beliau menegaskan bahwa kebijakan harus didasarkan pada data yang resmi dan diakui, yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik. “Hal ini menjadi landasan bagi Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Daerah dalam pengambilan kebijakan,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2023, Badan Pusat Statistik Kota Kotamobagu bersama Pemerintah Daerah telah melakukan evaluasi pelaksanaan kebijakan penguatan penyelenggaraan data statistik sektoral.

“Evaluasi ini dilakukan melalui penilaian badan dan internal, yang menghasilkan Indeks Pembangunan Statistik (IPS). IPS mencerminkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan Statistik Sektoral,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Pusat Statistik Kotamobagu, Syamsudin, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, serta para peserta Entry Meeting Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Kota Kotamobagu Tahun 2024.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar