Sekda Sofyan Mokoginta Jemput Kepulangan Jamaah Haji Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU – Mewakili Wali Kota Ir Tatong Bara, Sekretaris Daerah (Sekda) Sofyan Mokoginta, menjemput kedatangan ratusan Jamaah Haji asal Kota Kotamobagu, musim haji Tahun 2023.

Acara penjemputan yang digelar di Masjid Agung Baitul Makmur (MABM) tersebut, turut dihadiri unsur Forkopimda, Kakan Kemenag Kotamobagu Jamaluddin Lamato S Pdi M Pd dan jajaran, para Asisten, sejumlah pimpinan OPD, Camat dan Lurah/Sangadi se Kotamobagu.

Mengawali sambutan, Sofyan Mokoginta menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh jamaah asal Kotamobagu yang baru saja tiba menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukarramah.

“Atas nama pribadi, pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Kotamobagu menyampaikan selamat datang kepada bapak ibu jamaah haji yang baru saja menunaikan rangkaian ibadah haji di tanah suci. Insyhaa Allah seluruh ibadah akan mendapatkan imbalan pahala dan menjadi haji dan hajjah mabrur,” ucap Sofyan membacakan sambutan Wali Kota, Senin 31 Juli 2023.

Baca JugaBupati Bolsel Sambut Kepulangan Jamaah Haji

Lebih lanjut, dirinya mengajak kepada para jamaah haji untuk merenungkan kembali perjalanan ibadah yang baru saja dilaksanakan.

“Perjalanan haji yang baru saja dilaksanakan tidak hanya pada saat berangkat dan kembali ke tanah air, namun setelah melaksanakan rangkaian ibadah haji, bapak-ibu sekalian diharapkan dapat menjadi suri tauladan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, ibadah yang baru saja dilaksanakan, diharapkan juga dapat memperkokoh kesalehan pribadi dan sosial sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang maha kuasa Allah SWT.

“Insyhaa Allah, ibadah yang baru saja dilaksanakan akan semakin menambah keimanan dan ketaqwaan bapak haji dan ibu hajjah sekalian,” harapnya.

Baca JugaSetyo Prabowo Evaluasi Kinerja Jajaran Pengamanan Rutan Kotamobagu

“Terima kasih juga kepada pihak Kantor Kemenag Kota Kotamobagu serta seluruh pihak atas kerja kerasnya dalam menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji musim haji 1444 hijriah atau tahun 2023,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kota Kotamobagu Jamaluddin Lamato menyampaikan, bahwa jumlah jamaah haji asal Kotamobagu yang ke tanah suci 114 dari total 115 jamaah. Dan 1 jamaah ditunda berangkat.

“Yang tiba di tanah air lewat embarkasi Balikpapan sejumlah 111 jamaah, 3 jamaah lainnya meninggal dunia. Penerbangan dari Balikpapan ke Manado tinggal 108 jamaah, 3 lainnya sudah pamitan kembali ke Makassar karena tugas, namun saat mendaftar ketiganya masih bertugas di Kotamobagu. Maka yang kembali dan diserahterimakan kepada kami panitia kabupaten selanjutnya ke pemerintah kota dilanjutkan ke keluarga, itu berjumlah 111 jamaah,” jelas Lamato.

Baca JugaDepri Tunjuk Awaludi Kepala BPKD Bolmut

Adapun kendala selama pelaksanaan haji di tanah suci tahun ini, dirinya megaku, bahwa lebih kepada banyaknya jamaah yang berusia lansia, sehingga petugas haji lebih ekstra dalam melaksanakan tugas pendampingan.

“Kendalanya klasik karena tagline haji tahun ini yakni haji ramah lansia, banyak yang berusia di atas 65 tahun. Dari laporan yang kami peroleh, dari total 230 ribu jamaah asal Indonesia, kurang lebih ada 1 kloter meninggal dunia, ini data jamaah haji wafat terbanyak,” pungkasnya.

 

Penulis : Miranty Manangin
Editor   : Wahyudy Paputungan

Komentar