Musrenbang Kecamatan Kotamobagu Utara Digelar

BNews, KOTAMOBAGU – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kotamobagu Utara, resmi digelar, Rabu (15/2/2023) bertempat di Aula Bontean Desa Bilalang Satu.

Kegiatan Musrenbang itu dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian Pemerintah Kota Kotamobagu Sitti Rafiqa Bora, Camat Kotamobagu Utara Muhammad Edo Juaidi Mopobela, jajaran Lurah dan Sangadi serta pemangku kepentingan di wilayah Kotamobagu Utara.

Siti Rafiqa Bora  menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan agenda tahunan yang bertujuan menampung aspirasi dan usulan masyarakat, terkait dengan pembangunan di tingkat Kecamatan.

“Tahapan pelaksanaan Musrenbang ini dimulai dari tingkat bawah yakni di tingkat Desa dan Kelurahan, kemudian dibawa ke tingkat Kecamatan,” kata Rafiqa.

Rafiqa mengatakan pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan, untuk membahas dan menindaklanjuti aspirasi masyatakat yang telah disampaikan di Musrenbang tingkat Desa dan Kelurahan.

“Berkembang dalam kegiatan tadi, setiap Desa dan Kelurahan mengusulkan 5 sampai 6 progam. Mengingat keterbatasan angggaran, maka usulan-usulan tersebut dipertajam menjadi dua yang menjadi skala prioritas. Nantinya apa yang dibahas dan disepakati dalam Muarenbang tingkat Kecamatan, akan dibawa ke Musrenbang tingkat Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Kotamobagu Utara Muhammad Edo Juaidi Mopobela, menuturkan, kegiatan Musrenbang ini merupakan tindaklanjut dari hasil Musrenbang tingkat Desa dan Kelurahan.

“Memang kalau melihat usulan dari masyarakat di tiap desa, sangat banyak kegiatan yang mendesak dan prioritas untuk dilaksakan, tetapi sesuai dengan kesepakatan rata-rata ditiap desa dan kelurahan mengusulkan 2 kegiatan prioritas,” pungkasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar