Apel Siaga, Bawaslu Bolsel Tegaskan PKD Awasi Jalannya Tahapan Pemilu

BNews, BOLSEL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar apel siaga pengawasan Pemilu serentak tahun 2024, Selasa, (14/02/2023).

Kegiatan yang dipusatkan di kantor Bawaslu Bolsel ini dirangkaikan dengan deklarasi Pemilu damai yang berintegritas.

Apel siaga pengaman pemilu ini dilakukan satu tahun menuju pemilu 2024, yakni, tanggal 14 Februari 2023 hingga 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Bolsel Rolis Hasan mengatakan kepada jajarannya untuk dapat mengawasi jalannya Pemilu sampai pada  tahun 2024 nanti.

“Kepada pengawas kelurahan desa (PKD) saya tegaskan untuk turun lapangan dalam mengawal dan mengawasi penelitian dan pencocokan data pemilih oleh pantarlih di rumah-rumah warga,” kata Rolis.

Rolis menegaskan, tugas Bawaslu dan jajarannya sampai ke tingkat desa adalah mengawal serta memastikan proses penyelenggaraan Pemilu berjalan baik sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

“Saya tegaskan kembali untuk para PKD di tingkat desa harus betul-betul mengawasi jalannya tahapan, di mana saat ini juga petugas pantarlih sedang melakukan pendataan,” tegasnya.

Di tempat yang sama Kipli Malonda bidang pencegahan Paritispasi Masyarakat dan Humas, membacakan ikrar pemilu yang di ikuti oleh semua jajaran dan PKD.

Dalam ikrar itu tertuang mewujudkan pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta berkomitmen mewujudkan pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa ujaran  kebencian, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang.

“Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakan keaslian pemilu,” tegasnya.

Reporter: Wawan Dentau

Editor: Wahyudy Paputungan

Komentar