Ditandai Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Gedung Baru Kantor Imigrasi Kotamobagu Dimulai

BNew, KOTAMOBAGU – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut) resmi memulai Pembangunan Renovasi Gedung Baru.

Hal itu pun ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung baru secara simbolis oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut Ronald Lumbuun, melalui Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian Friece Sumolang, yang berlangsung sekira pukul 08.00 Wita, Rabu 12 Juli 2023.

Tampak pantauan bolmong.news, turut juga diikuti peletakan batu oleh Plh Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kotamobagu Husnan Handano.

Pembangunan Renovasi Gedung Baru Kantor Imigrasi Kotamobagu senilai Rp 5,3 Miliar ini, berlokasi di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara.

Baca JugaKadiv Friece Sumolang Ingatkan Aspek Keamanan Kantor Imigrasi Kotamobagu

Dalam kesempatan tersebut, Friece Sumolang menyampaikan bahwa pembangunan kantor ini tentu sangat penting.

Apa lagi, kata dia, saat ini permohonan paspor di Kotamobagu terus meningkat dan pada bangunan lama kurang representatif.

“Tentu diperlukan ada perubahan-perubahan yang signifikan, terutama kenyamanan dan tentunnya juga memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat itu sendiri,” ucap Friece Sumolang ketika sambutan.

Apa lagi, lanjutnya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, telah mengeluarkan Perkemenkumham terkait dengan model Kantor Imigrasi.

Menurut Kadiv Friece Sumolang, tiap model Kantor Imigrasi di daerah bentuknya berbeda-beda. Hal itu pun dipengaruhi adanya kebijakan pimpinan ketika berganti.

Sehingga itu, kata Sumolang, dengan dikeluarkannya Perkemenkumham terbaru ini, maka diaturlah model untuk seluruh Kantor Imigrasi di Indonesia harus sama.

Baca JugaKepala Kantor Imigrasi Kotamobagu bersama Jajaran Ikuti Rangkaian Pembukaan HDKD ke 78

Bahkan ia membeberkan, desain model gedung Kantor Imigrasi Kotamobagu merupakan yang pertama di Indonesia.

“Gedung Kantor Imigrasi Kotamobagu adalah satu-satunya Pilot Project dan pertama menjadi percontohan untuk daerah lain,” bebernya.

Dirinya juga berharap, agar Tim Pengawas Pembangunan dapat memberikan yang terbaik bagi pembangunan Kantor Imigrasi Kotamobagu ini.

“Saya berharap kepada Tim Pengawas Pembangunan untuk memberikan yang terbaik bagi pembangunan gedung Kantor Imigrasi Kotamobagu ini, sehingga berjalan sesuai dengan harapan dan waktu pekerjaan yang ditentukan,” harapnya.

Diakhir sambutan, dirinya menegaskan bahwa Kemenkumham akan terus memberikan yang terbaik untuk melayani masyarakat.

Baca JugaTim Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian Ditjen Imigrasi lakukan Monev Terminal Khusus PT Conch North Sulawesi Cement

“Sehingga upaya akselerasi pada tiap UPT, dapat meronavasi atau membangun gedung yang layak bagi pelayanan kepada masyarakat.

Usai itu, Kadiv Keimigrasian Kumham Sulut Friece Sumolang yang ikut didampingi Plh Kantor Imigrasi Kotamobagu Husnan Handano, meninjau tiap sisi pembangunan gedung kantor baru tersebut.

Turut hadir, seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kotamobagu, rombongan Kanwil Kemenkumham Sulut, Direktur CV Malikul Mulia, para Tokoh Masyarakat, Adat dan Agama.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar