Dinsos Boltim Ikut Rakor Penanganan Fakir Miskin Tingkat Provinsi Tahun 2023

BNews, BOLTIM – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Penanganan Fakir Miskin tingkat provinsi Tahun 2023.

Kegiatan rakor tersebut bertempat di Grand Whiz Hotel, Manado, Rabu 22 Februari sampai Jumat 24 Februari.

Kepala Dinsos Boltim, Imran Golonda mengatakan, bahwa Rakor prgram penanganan fakir miskin tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan penanganan fakir miskin.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan sinergitas dan harmonisasi pelaksanaan program penanganan fakir miskin di wilayah kabupaten/kota khususnya Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI,” ucap Imran.

Imran juga menambahkan, Rakor tersebut juga membahas tentang sinkronisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

“Dalam Rakor ini, kami juga membahas tentang penurunan angka kemiskinan di Sulawesi Utara dan sinkronisasi DTKS untuk penerima Bansos baik dari pusat maupun daerah,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin, Ni’ma Mokoagow, mengungkapkan, bahwa DTKS sangat penting karena data tersebut merupakan acuan bagi calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk menerima Bansos dari Kemensos.

“DTKS harus benar-benar diperhatikan ke-akuratan datanya karena kelak semua Bansos yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun daerah akan mengacu pada DTKS,” ungkap Ni’ma.

Reporter: Gazali Potabuga

Komentar