Pemdes Momalia 1 Ikut Bimtek PKD, Apris Ruchban: Semangat Gotong Royong Menjadi Kunci

BOLSEL–Pemerintah Desa (Pemdes) Momalia 1 Kecamatan Posigadan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Kegiatan bimtek tersebut di gagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), di Hotel Aston Manado.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 7 hari, terhitung 1-7 Maret, dibagi menjadi 3 tahap untuk seluruh 81 desa se- Bolsel.

Untuk Desa Momalia 1 sendiri masuk tahap ke 3 dalam Bimtek. Terhitung tanggal 5 sampai dengan 7 Maret 2022.

Setiap desa 5 orang yang menjadi pesertanya diantaranya Sangadi, Sekdes, Kaur Keuangan, BPD, dan Operator Siskeudes.

Sangadi (Kepala Desa) Momalia Satu Apris Ruchban S.PSi mengatakan, Bimtek pengelolaan keuangan desa kali ini, perdana dilaksanakan di awal masa kepemimpinan pasca dilantik sebagai Sangadi terpilih Periode 2021 sampai 2027.

“Bimtek ini merupakan awal penguatan dalam pengelolaan keuangan desa, dan itu sangat perlu ditata dengan sebaik mungkin. Sehingga admistrasi keuangan kedepan tidak ada lagi temuan yang berujung ketidakstabilan dalam pelayanan baik itu pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, serta ketertiban di desa,” kata Apris Kepada Media Bolmongnews saat di hubungi melalui via WhatsApp, Minggu 06 Maret 2022.

Apris menambahkan, atas nama pemerintah desa mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan Bimtek pengelolaan keuangan desa.

“Semoga kedepan akan membawa pengetahuan baru untuk kami sebagai aparat dalam membangun desa yang lebih baik lagi depan dengan semangat gotong royong,” harapnya.

“Dimana saya sebagai Sangadi termaksud masih seumur jagung dalam pemerintahan sangat membutuhkan arahan dan masukan tentang segala regulasi berkaitan dengan tata kelola keuangan desa,” tambahnya.

Lebih lanjut, jebolan Universitas Ternama di Jogyakarta itu mengatakan, kunci dari Bimtek ini adalah agar pemerintahan taat, disiplin baik dalam pelaporan administrasi, Keuangan, serta fisik kegiatan.

“Dengan Bimtek PKD kali ini kami banyak memahami mengenai aturan yang ada, dan yang pasti kami akan menerapkannya sebaik mungkin dalam melaksanakan tugas sehari-hari dalam melayani masyarakat,” pungkas salah satu kader HMI cabang Jogyakarta itu

(Wawan Dentaw)

Komentar