Bupati dan Wabup Bolsel Terima Kunker Menteri ATR/BPN RI

BNews, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolsel Iskandar Kamaru, bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid menerima kunjungan Menteri ATR/BPN Republik Indonesia (RI) Agus Harimurti Yudhoyono.

Kunjungan Kerja Menteri ATR/BPN RI tersebut dalam rangka meninjau persiapan lahan untuk relokasi pengungsi terdampak bencana Gunung Ruang Kabupaten Sitaro, diwilayah Kabupaten Bolsel.

Di mana, Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemda Bolsel telah menyiapkan lahan seluas 10 hektar yang berlokasi di Desa Modisi di Pinolosian Timur Kabupaten Bolsel.

Tempat relokasi pengungsian ini nantinya akan menampung kurang lebih 300 Kepala Keluarga.

Bupati Iskandar mengatakan, status lahan tersebut tidak ada masalah menjadi tempat relokasi.

“Kondisi geografis lahan yang berada diantara pegunungan dan pesisir pantai menyerupai dengan daerah asal para pengungsi sebelumnya, ini sangat cocok untuk masyarakat Sitaro,” kata Iskandar.

Iskandar menjelaskan, sebagian besar penduduk yang akan direlokasi ini berprofesi sebagai petani dan nelayan.

“Jadi secara umum ini bisa di bilang cocok untuk dijadikan tempat relokasi bagi saudara-saudara kita yang terdampak musibah gunung Ruang,” ujarnya.

“Kenapa kami menerima, kerena para warga Tagulandang adalah etnis dari Sitaro, sehingga cepat berbaur dengan masyarakat Desa Modisi,” sambungnya.

Iskandar berharap, semoga pelaksanaan pembangunan lahan untuk tempat relokasi ini akan dipercepat.

“Semoga mereka segera menempati tempat di Desa Modisi Kecamatan Pinolosian Timur,  dan akan menjadi keberkahan untuk masyarakat Bolsel,” pungkasnya

Penulis: Wawan Dentau

Komentar