Pemdes Inosota Ikut Bimtek Penguatan Pengelolaan Keuangan Desa

BOLSEL–Sangadi (Kepala Desa ) Inosota bersama jajarannya mengikuti Bimbingan Tehnis (Bimtek), tentang tata cara Pengelolaan Keuangan Desa (PKD) di Kota Manado.

Bimtek tersebut di gagas oleh Dinas PMD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), dilaksanakan selama 7 hari kedepan, yakni dari tanggal 1-7 Maret 2022, di bagi tiga tahap secara acak dari 81 desa se- Bolsel.

Sangadi Inosota Sriyano Butolu. S.Pd kepada Bolmongnews menuturkan, Bimtek kali ini untuk menguatkan kembali kepada perangkat desa, tentang tata cara dalam mengelolaan PKD untuk menghasilkan administrasi yang akuntabel dan tepat sasaran.

“Disini kami akan diberikan tata cara dan mekanisme meminimalisir pelanggaran ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya saat melalui via Whatsapp, Minggu 06 Maret 2022.

Ia menambahkan, banyak yang harus dibenahi mulai dari admistrasi termasuk pelaporan keuangan.

Bimtek tersebut membahas berbagai macam persoalan regulasi baik penyusunan dan pertanggung jawaban APBDes, aplikasi Siskeudes, mekanisme pemotongan pajak, pengawasan dana desa, penyusunan produk hukum desa, serta evaluasi laporan keuangan desa.

Kegiatan bimtek ini sangat membantu untuk mengetahui regulasi dalam mempertanggung jawabkan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes)

“Alhamdulilah, kegiatan bimtek PKD ini berjalan dengan lancar. Dan yang pastinya apa yang di dapatkan dalam bimtek akan di aplikasikan untuk melayani masyarakat,” tandas Sriyano. (Wawan Dentaw)

Komentar