Doloduo II Berhasil Jadi Pemenang Lomba Desa Tingkat Sulut 2023

BNews, BOLMONG – Desa Doloduo II diumumkan sebagai pemenang pada Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2023.

Hal ini pun berdasarkan Surat penyampaian hasil penilaian yang diterima media bolmong.news, Jumat 30 Juni 2023.

Bahkan itu surat tersebut ditandatangani Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sulut Dr Jemmi Kumendong MSi, dengan Nomor 414/DPMDD/815.

Desa Doloduo II berhasil mengungguli pesaingnya Desa Malola I dari Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang meraih juara ke dua.

Sementara, Desa Karatung dari Kabupaten Kepulauan Talaud berhasil meraih juara tiga.

Baca JugaSatu-Satunya dan Terbaik di Sulut, Diskominfo Bolmong Manfaatkan MPP Digital

Diketahui Desa Doloduo II, terletak di Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Tentu prestasi tingkat Provinsi yang diraih Desa Doloduo II ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain, khususnya di Kabupaten Bolmong.

Apalagi Kabupaten Bolmong diketahui memiliki sebanyak 200 Desa.

Demikian, Pemerintah Desa Doloduo II akan memenuhi undangan pada Senin 3 Juli 2023, untuk melakukan pemaparan di Kantor Dinas PMD Provinsi Sulut.

Dalam undangan itu, Kepala Desa atau Sangadi wajib menghadirkan para tokoh-tokoh penting seperti Ketua TP-PKK, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPM) dan Karang Taruna.

Demikian masing-masing Kepala Desa akan melakukan pemaparan tentang profil, keunggulan atau potensi, inovasi desa dengan waktu maksimal 60 menit.

Baca JugaGerakan Marijo Bakobong Genjot Sektor Pertanian Kabupaten Bolmong

Untuk 10 menit penayangan video, 10 menit pemaparan dan 40 menit tanya jawab.

Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kemajuan dan keberhasilan desa-desa dalam mengembangkan potensi lokal, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan desa.

Menurut Kepala Dinas PMD Bolmong Abdussalam Bonde, keberhasilan Desa Doloduo II tak lain merupakan campur tangan serta dukungan penuh Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit dan Sekda Tahlis Gallang, kemudian para pimpinan OPD terkait.

“Tentu sangat membanggakan, karena support Pemkab Bolmong membuat Desa Doloduo II bisa bersaing dan mewakili Sulut di tingkat nasional,” ucapnya.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM mengaku bahwa dirinya optimis bahwa desa Duloduo II akan mendapat nilai terbaik dari Tim Penilai.

Baca JugaPembangunan Bandara Baru Bolmong Dikebut, Limi Dampingi Tim Kejagung

“Saya minta untuk dapat disiapkan segala komponen yang akan di nilai agar benar-benar ketika tim memberikan nilai dapat objektif, akuntabel dan bisa di pertanggung jawabkan,” jelas Bupati saat kunjungan dirinya bersama Ketua Tim Penilaian Provinsi Dr Jemmi Kumendong, di Desa Duloduo II, pada Senin 26 Juni 2023 lalu.

Bahkan Ketua Tim Dr Jemmi Kumendong menambahkan, bahwa Desa Duloduo II mempunyai kans untuk menjadi juara dan bisa mewakili Provinsi Sulut di tingkatan Regional.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar