Asripan Nani Dorong Pengembangan Potensi Desa di Kota Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu merupakan sebuah daerah di wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang memiliki 18 kelurahan dan 15 desa.

15 desa tersebut tersebar di wilayah Kecamatan Kotamobagu Utara, Timur dan Selatan. Sedangkan Kecamatan Kotamobagu Barat tidak ada yang berstatus desa semuanya Kelurahan.

Dilihat dari topografi wilayah, Kecamatan Kotamobagu Utara berada pada dataran tinggi. Sementara Kecamatan Kotamobagu Timur, terbagi pada dataran tinggi dan rendah. Dan Kecamatan Kotamobagu Selatan, berada di dataran rendah.

Meski demikian, karaktersitik bentang alam pada tiga kecamatan ini hampir memiliki kesamaan. Termasuk pada potensi sumber daya alam dan lainnya. Di mana hal ini dapat dikembangkan menjadi sebuah asset untuk Pendapatan Asli Desa (PAD).

Dari beragam potensi yang ada di masing-masing desa se Kota Kotamobagu ini, diimbau oleh Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, agar dapat digali dan dikembangkan.

“Saya mengimbau kepada seluruh pemerintah desa dan masyarakat di wilayah Kota Kotamobagu untuk meningkatkan potensi yang dimiliki desa masing – masing, demi meningkatkan pendapatan desa,”  kata Asripan saat memberikan sambutan pada acara halal bihalal di Desa Pontodon Timur Kecamatan Kotamobagu Utara, Senin (13/5/2024).

Asripan mencontohkan, saat ini di pulau Jawa dan Bali, berlomba – lomba meningkatkan pontensi yang dimiliki untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakatnya.

“Seperti di Bali, disana ada Desa Pariwisata yang selalu dikunjungi Wisatawan,” terangnya.

“ Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh Pemerintah desa dan masyarakat untuk dapat menggali potensi yang dimiliki oleh desa masing – masing, misalnya UMKM apa yang dapat dimajukan di desa tersebut, sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa,” pungkasnya.

Reporter: Nindy Pobela

Editor: Erwin Ch Makalunsenge

Komentar