Gerakan ‘Marijo Bakobong’ Genjot Sektor Pertanian Kabupaten Bolmong

BNews, BOLMONG – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, mempunyai kiat tersendiri menggenjot sektor pertanian. Khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Dengan didukung para pemangku kepentingan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, melalui Gubernur Sulut Olly Dondokambey, terus menggencarkan program ‘Marijo Bakobong’.

Terlebih lagi, program tersebut merupakan program unggulan Pemprov Sulut. Kepedulian Gubernur Sulut Olly Dondokambey pun dalam menggenjot sektor pertanian di Sulut, khususnya di Kabupaten Bolmong tentu tak main-main.

Bahkan, Gubernur dua periode ini dinilai aktif mendorong sektor pertanian di Sulut. Seperti di tiap kesempatan, Olly Dondokambey  menyampaikan, bahwa sektor pertanian merupakan kekuatan ekonomi yang dimiliki Provinsi Sulut.

Baca JugaBupati Bolmong Dampingi Gubernur Sulut Resmikan Rumah Sakit Pratama Dumoga

Demikian, kata dia, jika pertanian yang kuat, maka dapat memberikan kontribusi kuat pula, sehingga ekonomi Sulut akan tumbuh dan terus meningkat.

Perhatian pada sektor pertanian ini pun dilakukan saat Gubernur Sulut Olly Dondokambey melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Bolmong baru-baru ini, Senin 19 Juni 2023 yang ikut didampingi Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, bersama jajaran Pemkab Bolmong, pada pencanangan program penanaman jagung dan tanaman hortikultura di Desa Tungoi, Kecamatan Lolayan.

Selain itu, diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling dan sejumlah Pejabat Pemprov Sulut.

Dalam kesempatan itu, Olly mengklaim,  program unggulan ini sangat berhasil menekan inflasi daerah. Selain itu, bisa menurunkan angka kemiskinan.

Orang nomor satu di Sulut ini juga menyebutkan, setiap luasan lahan pertanian dan perkebunan, dapat bisa dimanfaatkan dengan optimal. Untuk itu, adanya keterlibatan seluruh masyarakat sangat diharapkan.

Baca JugaKonservasi Pantai Labuan Uki, Pemkab Bolmong Ikuti Aksi Penanaman Mangrove

“Jika kita dapat memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada, serta bisa menanam tanaman yang bermanfaat, tentu akan sangat bermanfaat bagi ketahanan pangan maupun perekonomian di masa ini maupun mendatang,” ungkap Olly.

Lanjut Olly, aksi ini sebagai tindak lanjut atas program pemerintah pusat ‘Mari Menanam’ oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dalam menjaga kedaulatan pangan Indonesia.

Sehingga dalam kesempatan tersebut, dirinya mengajak semua pihak untuk terus mendorong perkembangan sektor pertanian, khususnya di Kabupaten Bolmong dengan melalui program unggulan Marijo Bakobong.

“Dengan pencanangan penanaman jagung dan tanaman hortikultura, diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, serta bisa menjadikan daerah dengan kedaulatan pangan yang terjaga,” imbuhnya.

Kemudian dalam kesempatan itu, Limi Mokodompit mengungkapkan, Marijo Bakobong atau dalam bahasa daerah (Igai Mononggoba), merupakan bentuk ajakan pemerintah kepada masyarakatnya.

Demikian, ajakan ini juga merupakan respon positif dalam menjalankan instruksi Presiden dan tindak lanjut Gubernur Sulut dalam rangka menjaga kedaulatan pangan.

Baca JugaPembangunan Bandara Baru Bolmong Dikebut, Limi Dampingi Tim Kejagung

“Tentu sektor pertanian menjadi strategi dan prioritas utama bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Bolmong kedepannya,” ujarnya.

Maka ia mengajak seluruh masyarakat Bolmong, untuk terus meningkatkan dan perkuat ketahanan pangan dengan dimulainya dari pemanfaatan lahan tidur yang ada.

“Kehadiran Pak Gubernur Sulut di tengah – tengah kita saat ini, tentu tak lain untuk memberikan semangat baru dan harapan baru, agar supaya pembangunan ekonomi di Kabupaten Bolmong bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Kegiatan pencanangan tersebut pun, ikut ditandai dengan penanaman bibit jagung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, diikuti Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, Sekda Tahlis Gallang dan Ketua DPRD Bolmong.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar