Pembangunan Bandara Baru Bolmong Dikebut, Limi Dampingi Tim Kejagung

BNews, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit, damping Tim dari Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk meninjau progres pembangunan Bandar Udara (Bandara) Baru Bolmong, di Desa Lalow, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Rabu, 7 Juni 2023.

Tim Kejagung sendiri didampingi rombongan dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu.

Diketahui, Tim Kejagung bersama rombongan tiba di lokasi Bandara Baru Bolmong, sekira pukul 12.30 Wita.

Bahkan, Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit ikut membawa Asisten I Deker Rompas, Kepala Dinas Perhubungan Sugiarto Banteng dan Dinas PU Bolmong.

Baca JugaDua Orang Warga Binaan Rutan Kotamobagu Terima Asimilasi Rumah

Kendati panas terik matahari, Limi Mokodompit ikut memperlihatkan proses dan progres pembangunan saat ini. Mulai dari panjang Run Way yang terus dikerjakan hingga kontruksi bangunan pengkantoran Bandara Baru Bolmong.

Melalui Sugiarto Banteng, Kepala Dinas Perhubungan ini pun mengatakan, bahwa kunjungan tersebut dalam rangka mengecek kondisi dan progres dari pembangunan Bandara Baru Bolmong.

“Alhamdulillah pekerjaannya berjalan dengan baik tidak dan tak ada hambatan. Apalagi ini adalah proyek pembangunan strategis nasional Presiden Jokowi,” ungkap Sugiarto Banteng.

Demikian dikatakan Kepala Bandara Naha-Tahuna Dwi Ariyanto. Ia tak menapik jika kendala selama pembangunan telah dikoordinasikan dan disampaikan kepada Tim Kejagung.

Baca Juga36 Calon Paskibraka Kotamobagu Akan Jalani Latihan

“Kendalanya yaitu adanya tiang listrik di lokasi Bandara yang belum dipindahkan oleh pihak PLN,” ungkapnya.

Selain itu, obstacle atau rintangan pada gunung yang berada di Desa Tuyat masih terbilang tinggi dan itu harus dikurangi.

“Tinggi gunung tersebut sekitar kurang lebih 80 meter dan akan dikurangi kurang lebih 40 meter. Ini harus dilakukan agar sisi kanan dan kiri pesawat bisa mendarat. Jika tak dilakukan pemangkasan gunung maka pesawat hanya mendarat dari sisi kiri yakni dari posisi laut,” jelasnya lagi.

Namun, kata dia, untuk progres pembangunan Bandara Baru Bolmong ini sendiri sekitar 60 persen.

“Untuk Run Way telah di Hotmix,” sebutnya.

Sedangkan Bandara Baru Bolmong ini ditargetkan tahun 2024 harus sudah mulai beroperasi. Bahkan rencananya akan diresmikan Presiden Jokowi lagsung.

Baca JugaKemenag Bolmut Siap Berangkatkan 35 Jamaah Calon Haji ke Tanah Suci

Menanggapi kendala yang disampaikan, Deker Rompas pun mengaku akan segerah menindak lanjuti.

“Pihak PLN sendiri sudah menyurat kepada Pemkab Bolmong untuk membantu sosialisasi pemindahan tiang listrik yang ada di lokasi pembangunan Bandara,” kata dia.

Begitu juga, terkait dengan gunung yang ada di Desa Tuyat masih masuk kawasan hutan.

“Sesuai dengan hasil rapat bersama Tim Kejagung dan Pak Bupati, maka pihak Bandara akan menyurat resmi ke Pemkab Bolmong untuk obstakel hutan tersebut,” pungkasnya.

Bandara Baru Bolmong yang terletak di Desa Lalow, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara ini pun, rencananya bakal menjadi penerbangan Internasional satu-satunya yang ada di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Bahkan, proyek strategis nasional yang tengah dikebut pemerintah ini, rencananya akan diresmikan langsung Presiden Jokowi sebelum 2024. Dan itu ada 10 Bandara Baru yakni Bandara Siau, Bandara Tambelan, Bandara Baru Nabire , Bandara Baru Siboru Fakfak, Bandara Baru Mentawai Sumatera Barat, Bandara Baru Mandailing Natal Sumatera Utara, Bandara Baru Pohuwato Gorontalo, Bandara Baru Bolaang Mongondow, Bandara Baru Banggai Laut Sulawesi Tengah dan Bandara Baru Singkawang Kalimantan Barat. (***)

Editor : Wahyudy Paputungan

Komentar