Dinkes Bolmong: Vaksinasi Berjalan Aman Tidak Ada Laporan KIPI

BOLMONG—Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) berjalan aman. Tidak ada laporan gejala berat pasca imunisasi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Kesehatan) Bolmong Yusuf Detu, Rabu (31/3/2021).

“Terkait dengan adanya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) sejauh ini belum ada laporan. Alhamdulillah sejak vaksinasi pertama hingga sekarang keluhan yang ada hanya ringan-ringan, hanya keluhan biasa sakit kepala dan mengantuk dan hal biasa lainnya. Tapi sampai luka dan efek yang parah tidak ada,” ungkapnya.

“Vaksin yang digunakan dari pertama hingga dosis kedua itu adalah Sinovac. AstraZeneca itu disalurkan oleh Kementrian Kesehatan kurang lebih ada 15 Provinsi, termasuk Sulawesi Utara. Tapi untuk provinsi Sulawesi Utara itu baru disalurkan di Kota Manado dan Kota Bitung. 13 Kabupaten Kota lainnya belum menerima itu, termasuk Bolmong,” sambungnya.

Senada disampaikan Kepala Dinkes Bolmong, dr Erman Paputungan.

“Untuk di Bolmong hingga saat ini tidak ada laporan gejala pasca imunisasi yang berat, aman-aman. Hanya ada efek samping mengantuk, sakit kepala, semuanya ringan,” pungkasnya.

(Gita Potabuga / Erwin Makalunsenge)

Komentar