Akhir Kepemimpinan Ramlin Djauhari, Pemdes Pilolahunga Realisasikan BLT DD

BOLSEL—Pemerintah Desa  Pilolahunga Kecamatan Posigadan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), perdana di tahun 2022.

BLT ini disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD berjumlah 109 Kepala Keluarga (KK), di Balai Pertemuan Umum Kantor Desa Pilolahunga. Jum’at 25 Februari 2022, kemarin.

“Alhamdulilah, 109 KPM kami serahkan sesuai protokol kesehatan dengan nominal 300 ribu rupiah, kepada setiap penerima. Total disalurkan sebesar 65 Juta 400 ribu rupiah,” kata Ramlin Djauhari kepada Media Bolmong.news

Menurut Ramlin para penerima BLT DD sudah ditetapkan melalui Musyawarah Desa (Musdes), dengan melibatkan BPD, Pendamping Kecamatan, Pendamping Desa serta semua lembaga yang ada tingkat di desa.

“Untuk KPM yang sudah mendapatkan bantuan lain dari dinas terkait, tidak lagi mendapatkan BLT DD,” sebutnya.

Penyaluran BLT DD Desa Pilolahunga. (foto:Ist)

Ia mengatakan, nominalnya seperti biasa di tahun 2021. Setiap KPM mendapatkan 300 ribu per bulan.

“Yang di disalurkan 2 bulan berjalan, Januari dan Februari. BLT ini di ambil 40 persen dari anggaran Dana Desa,” tutur Ramlin.

Ia menjelaskan penyaluran BLT DD ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 7 Tahun 2021, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 190 tahun 2021 dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 tahun 2021.

Ia berharap semoga dengan adanya program BLT DD bisa membantu kebutuhan masyarakat.

“Mamang hanya terlihat kecil akan tetapi akan terlihat besar manfaatnya jika di pergunakan sebaik mungkin untuk keperluan kebutuhan sehari-hari di masa Pandemi Covid-19,” tandas Ramlin.

(Wawan Dentaw)

Komentar