Warga Desa Terdampak Covid-19 Terima BLT Hingga Bulan September

KOTAMOBAGU–Warga desa terdampak Covid-19 atau virus Corona, akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD) hingga bulan September.

“Ada ketambahan 3 bulan lagi untuk BLT. Sebelumnya hanya 3 bulan dari April sampai bulan Juni. Dengan adanya PMK nomor 50 tahun 2020, BLT ini diperpanjang hingga bulan September mendatang,” kata Kepada Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas PMD Kotamobagu Rum Mokoagow, Rabu (27/05/2020).

Namun, kata Rum, untuk besaran anggaran BLT dari bulan Juli sampai September tidak sama lagi seperti penyaluran pada 3 bulan pertama. “Kalau yang sekarang per Kepala Keluarga itu 600 ribu. Nah, untuk bulan Juli nanti sampai September itu tinggal 300 ribu rupiah,” terangnya.

Ia menjelaskan, penerima BLT ini diputuskan melalui Musyawarah Desa Khusus. Dimana para penerima disesuaikan dengan kriteria yang sudah ditetapkan. “Untuk masing-masing desa pengalokasian anggarannya disesuaikan dengan kondisi yang ada di desa. Tergantung berapa banyak jumlah penerima yang dihasilkan melalui Musyawarah Desa Khusus. Ini juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya mark up dan penerima yang tidak sesuai dengan syarat penerima BLT,” jelasnya.

Ditambahkannya, penyaluran tahap I BLT untuk 15 Desa se Kotamobagu telah selesai dilakukan. Saat ini dalam proses persiapan penyaluran BLT tahap 2. “Untuk tahap I sudah selesai disalurkan. Penerima sebanyak 892 Kepala Keluarga, masing-masing diberikan uang tunai 600 ribu. Pekan ini juga direncanakan akan disalurkan BLT tahap 2,” tambahnya.

“Semoga bantuan ini bisa membantu kebutuhan warga yang terdampak virus Corona,” pungkasnya. (Erwin Makalunsenge)

Komentar