Musrenbang Desa Moyag Todulan, Roliadi Sebut PJU Skala Prioritas

BNews, KOTAMOBAGU – Kepala Desa atau Sangadi Moyag Todulan, Kecamatan Kotamobagu Timur Roliadi Modeong menyebut  usulan Penerangan Jalan Umum (PJU) di desanya menjadi skala prioritas.

Hal tersebut disampaikannya pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2024 yang digelar di Balai Desa Moyag Todulan, Selasa 17 Januari 2023.

Roliadi menilai usulan itu sangat penting dan bermanfaat untuk warganya.

Baca Juga: Nasli Yakin IKTJ Kotamobagu Jadi Kebanggaan Masyarakat Bolmong Raya

“Mengingat kondisi jalan masih minim penerangan, ini juga untuk menghindari hal-hal yang buruk bisa terjadi, misalnya tindak kriminalitas,” kata Roliadi.

“Di sisi lain, masyarakat akan diuntungkan jika PJU ini terwujud. Misalnya, para pelaku UKM,” sambungnya lagi.

Menurut Roliadi, dengan adanya PJU diharapkan dapat memberi dorongan kepada masyarakat atau para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mengembangkan usahanya.

Baca Juga:DPMPTSP Kotamobagu Perpanjang LKPM Pelaku Usaha

“PJU ini jika tercover bisa membantu perekonomian masyarakat Moyag Todulan dan ini menjadi harapan bersama,” imbuhnya.

Lanjutnya menjelaskan, Desa Moyag Todulan merupakan desa yang berbatasan langsung dengan daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), serta menjadi wajah dari Kota Kotamobagu.

“Ada desa yang telah memiliki PJU dan itu terlihat indah. Jika ini terwujud di Moyag Todulan, maka akan terlihat wajah Kota Kotamobagu aslinya, terlebih lagi akan dihiasi dengan berbagai papan reklame yang akan dipasang pemerintah daerah,” ungkapnya.

Baca Juga:Inspektorat Boltim Akan Audit Dana Desa, Hardiman: Jangan ada yang main-main

Selain itu, terang Roliadi, usulan lain yang menjadi perhatian serius adalah pembangunan Selter anak sekolah.

“Selter akan sangat bermanfaat bagi anak-anak  saat menunggu kendaraan untuk ke sekolah,” terangnya.

Tak hanya itu saja, ada juga usulan gorong-gorong. Hal ini diusulkan untuk mengantisipasi peningkatan debit air disaat musim hujan.

“Air biasanya meluap hingga ke pemukiman warga,” ujarnya.

Kemudian, terkait pengaspalan jalan lingkar pertanian. Kata Roliadi ini juga menjadi sangat penting.

“Mengingat latar belakang warga kita yang berprofesi sebagai petani, pengaspalan jalan akan sangat membantu, mulai dari mengangkut hasil tani dan lain sebagainya,” katanya.

Baca Juga:Kumpul Para Sekretaris Perangkat Daerah Pemkab Bolsel, Ini yang Ditegaskan Bupati

“Semua usulan di Musrenbang ini tentu diharapkan bisa tercover. Namun akan ada skala prioritas yang juga disesuaikan dengan anggaran yang tersedia,” jelasnya.

Kepala Bapelitbangda Kotamobagu Adnan Massinae mengungkapkan, pelaksanaan Musrenbang merupakan wadah untuk mengakomodir aspirasi yang nantinya akan diusulkan untuk dianggarkan baik dari tingkat desa hingga pusat.

“Dalam penyusunan usulan, masyarakat dan pemerintah secara berjenjang harus dapat menyampaikan usulannya secara efektif, kemudian akan dilihat skala prioritasnya,” katanya.

Baca Juga: Ini Lima Program Studi di Institut Kesehatan dan Teknologi Jainuddin Kotamobagu

Kegiatan Musrenbang tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemkot Kotamobagu tahun 2024.

Musrenbang ini turut dihadiri sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, pemerintah desa hingga masyarakat desa setempat.

Penulis: Wahyudy Paputungan

Komentar