Itjen Kemenkumham RI Audit Rutan Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU – Tim dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia atau disingkat Itjen Kemenkumham RI, menyambangi Rutan Kelas IIB Kotamobagu, Kamis 23 Februari 2023.

Tim Itjen Kemenkumham ini pun disambut langsung Kepala Rutan (Karutan) Kotamobagu Setyo Prabowo berserta jajaran, di ruang kerjanya, sekira pukul 09.00 Wita.

Itjen Kemenkuham RI sendiri merupakan unsur pengawas di Kemenkumham dan bertanggung jawab kepada Menkumham.

Baca Juga:Kepala Kanwil Ronald Lumbuun Sambangi Rutan Kotamobagu hingga Dengarkan Curhat Warga Binaan

Setyo Prabowo mengatakan, kedatangan tim pemeriksa ini, dalam rangka memastikan pelaksanaan pemberian pelayanan berlangsung sesuai dengan peraturan dan tata kelola administrasi yang lengkap.

Bahkan, Rutan Kotamobagu sebagai Unit Pelaksanan Teknis (UPT) yang dibawah naungan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara, menjadi tempat kedua dalam kunjugan tim audit ini.

“Sebelum ke Kotamobagu, tim audit berada di Lapas Kelas IIB Bitung,” sebut Setyo Prabowo.

Disamping itu, Karutan menambahkan, pelaksanaan audit ini tentu merupakan bagian dari transparansi kinerja Rutan.

Baca JugaPerayaan Isra Miraj 1444 Hijriah di Rutan Kotamobagu Berlangsung Penuh Khidmat 

Selain itu, kata Setyo Prabowo, ini juga bentuk pertanggungjawaban terhadap seluruh pelaksanaan pelayanan yang diberikan baik terkait kinerja dan fungsi Rutan Kotamobagu.

“Mulai dari pelaksanaan hak-hak warga binaan, turut diperiksa oleh tim inspektorat,” kata dia.

Tim auditor yang berjumlah 4 orang ini diketuai Christian Immanuel Hasudungan, turut serta didamping  jajaran Rutan terkait dengan data yang akan menjadi pemeriksaan, termasuk pengadaan barang yang pernah diterima oleh Rutan Kotamobagu.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar