Akreditasi SNARS, Pekan Depan KARS Lakukan Penilaian di RSUD Kotamobagu

BOLMONGNEWS.COM, Kotamobagu–Rumah Umum Sakit Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu saat ini tengah mempersiapkan Akreditasi SNARS edisi 1 tahun 2019 yang nantinya akan dinilai oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada tanggal 2 hingga 5 Desember mendatang.

Direktur Umum (Dirut) RSUD Dr. Tanty Korompot, M.MKes mengatakan, tujuan akreditasi rumah sakit adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien. Kebijakan akreditasi rumah sakit tersebut kata Dirut, merupakan turunan Undang-undang nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit.

“Sekarang RSUD Kotamobagu Sementra mempersiapkan semua persyratan akeditasi. Nantinya yang datang melakukan penilaian itu dari KARS yang dijadwalkan pada hari senin hingga kamis mendatang,” ujar Nando, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, dalam mempersiapkan akreditasi tersebut, pihak rumah sakit juga membentuk 16 Kelompok Kerja (Pokja). Sementara yang lain adalah persiapan dokumen dan implementasi di lapangan.

“16 Pokja akreditasi versi SNARS edisi I, yakni ; Akses Ke Rumah Sakit dan Kontinuitas Pelayanan (ARK), Asesmen Pasien (AP), Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP), Pelayanan Anastesi dan Bedah (PAB), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Manajemen Komunikasi dan Edukasi (MKE), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Manajemen Informasi dan Rekam Medis (MIRM), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Pelayanan Kefarmasian dan Pelayanan Obat (PKPO), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), Kompetensi dan Kewenangan Staf (KKS), Program Nasional (PROGNAS),” jelasnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh Masyarakat BMR untuk mendukung RSUD Kotamobagu menuju Akreditasi SNARS dengan menaati segala tata tertib rumah sakit.

“Itu juga paling penting, masyarakat harus menaati peraturan dan tata tertib rumah sakit demi suksesnya akreditasi,  diantaranya dengan tidak merokok di area rumah sakit dan aturan-aturan lainnya, sebab itu sangat menetukan penilaian nanti,” tandasnya.(ewin)

Komentar