Dinas PMD Lakukan Evaluasi APBDes, Pemerintah Desa Diminta Proaktif

BOLTIM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan evaluasi Rancangan Anggaran Pemasukan dan Belanja Desa (APBDes).

Kepala Dinas PMD Hendra Tangel, mengatakan, evaluasi terhadap rancangan APBDes, yang sudah mulai dilaksanakan sejak pekan kemarin.

“Untuk sekarang Dinas PMD sedang melakukan evaluasi rencana APBDes, sejak minggu kemarin,” katanya, Jumat 11 Maret 2022.

Selain itu, Kadis juga mengungkapkan kegiatan evaluasi diperkirakan akan selesai pada pekan depan, dibulan Maret ini.

“Berakhir kemungkinan minggu depan, tanggal 17,” ungkapnya.

Hendra menghimbau kepada pihak Pemerintah Desa, supaya proaktif terkait dengan evaluasi yang saat ini sedang berlangsung.

“Bagi Pemerintah Desa, terutama desa-desa yang belum terevaluasi, mereka harus proaktif. Karena, desa yang tidak terevaluasi secara otomatis tidak melalui tahapan,” himbaunya.

Ia juga berharap, agar pihak Pemdes dapat dengan profesional menerapkan peraturan dalam pelaksanaan APBDes, dengan tidak menyimpang dari perundang-undangan yang berlaku.

“Mudah-mudahan dalam penyusunan rancangan peraturan desa yang dilaksanakan oleh desa itu, sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, baik pembagian dananya, mau pun program dan kegiatan,” pungkas Hendra. (Gazali Potabuga)

Komentar