Ikuti Musrenbang Provinsi Sulut, Pj Wali Kota Terima Sejumlah Penghargaan

BNews, KOTAMOBAGU –  Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, menghadiri Musrenbang RPJPD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2025 – 2045 dan Musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025, Rabu (24/4/2024) di Hotel The Sentra Manado, Kabupaten Minahasa Utara.

Dalam kegiatan tersebut, Pj Wali Kota Asripan Nani menerima sejumlah pernghargaan.  Yaitu, penghargaan pembangunan daerah Tahun 2024, penghargaan sensanitasional Award Tahun 2024 dari Pemerintah Provinsi Sulut dan penghargaan kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulut.

“Hari ini Pj Wali Kota Kotamobagu, Bapak Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, menghadiri Musrenbang RPJPD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025 – 2045 dan Musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025,” kata Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Chelsia Paputungan.

Lanjutnya, Pj Wali Kota juga menerima sejumlah pernghargaan. Yaitu, penghargaan pembangunan daerah Tahun 2024, penghargaan sensanitasional Award Tahun 2024 dari Pemerintah Provinsi Sulut dan penghargaan kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulut.

Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sulut  itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

“Masing – masing, piagam penghargaan pembangunan daerah tahun 2024 sebagai terbaik III perencanaan dan pencapaian daerah tingkat Kota, dan piagam penghargaan sebagai terbaik III kategori akses sanitasi aman, dalam penilaian anugerah Sulawesi Utara sensanitasional Award tahun 2024,” ujarnya.

Dia menjelaskan, yang menjadi indikator penilaian atas diraihnya penghargaan pembangunan daerah (PPD) sebagai terbaik III Tingkat Kota se – Sulawesi Utara, yaitu, berdasarkan capaian indikator makro pembangunan, pelayanan publik,  kualitas dan konsistensi dokumen perencanaan, serta inovasi daerah.

“Adapun inovasi yang diangkat adalah  Si Asri atau Sistem Informasi Aman, Simpel, dan Terintegrasi,” jelasnya.

Si Asri, kata dia, merupakan terobosan yang diinisiasi dalam rangka menghadapi tantangan era digitalisasi dan implementasi teknologi informasi yang semakin pesat.

Di mana sistem ini mengintegrasikan pelayanan dari berbagai unit pelayanan di Rumah Sakit, sehingga proses pelayanan lebih cepat, akurat dan mudah.

“Si Asri dikhususkan bagi pasien prioritas agar cepat menerima pelayanan kesehatan karena melalui sistem ini pasien dapat mengurangi waktu tunggu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk penilaian pada penghargaan Sulawesi Utara Sensanitasional Award Tahun 2023 yang diraih Pemerintah Kota Kotamobagu, berdasarkan penilaian air limbah domestic dan persampahan.

“Masing – masing indikator ada beberapa aspek yaitu implementasi fisik, pendanaan, regulasi, advokasi, kelembagaan dan monev serta inovasi,” terangnya.

Dia menambahkan, Pj Wali Kota Kotamobagu, juga menerima penghargaan kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulut.

“Penghargaan ini diserahkan kepada Pemerintah Kota Kotamobagu yang diserahkan langsung Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia, Meilany F Limpar,” katanya.

Penulis: Erwin Ch Makalunsenge

Komentar