Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan, Pemkab Bolsel dan BPKP Sulut Gelar Bimtek SPIP

BNews, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) bekerjasama dengan BPKP Provinsi Sulut, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (Bimtek SPIP) terintegrasi.

Bimtek tersebut dilaksanakan di kantor Bappelitbangda, Kawasan Perkantoran Panango, Rabu (10/5/2023).

Asisten II Suja Alamri dalam arahannya menegaskan Bimtek SPIP terintegrasi ini merupakan proses yang integral, pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai.

“Bimtek ini memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, kemudian keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan yang berlaku,” kata Alamri.

Lanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di pemerintah daerah, dari aspek kinerja maupun dalam hal pengelolaan keuangan.

“Bimtek ini dilaksanakan sebagai wujud pengawasan publik atas kinerja pemerintah, di era informasi yang sekaligus memberikan tekanan bagi pemerintah, agar mampu menghasilkan program yang berdampak nyata bagi masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap melalui kegiatan bimtek tersebut dapat memudahkan perangkat daerah untuk melakukan pengendalian intern, sehingga program yang telah disusun dapat dipertanggungjawabkan secara transparan, dan bermuara pada peningkatan kinerja organisasi.

“Terima kasih kepada BPKP Provinsi Sulut yang telah turun langsung memberikan pemahaman kepada kita semua, terkait penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik dan terintegrasi,” kata Alamri.

Diketahui Bimtek ini diikuti oleh jajaran Sekretaris dan Pejabat Fungsional Perencana di lingkungan Pemkab Bolsel.

Reporter: Wawan Dentaw

 

Komentar