Pemkab Bolsel Peringati HBN ke-71 dan Hari Ibu Ke – 91

BOLMONGNEWS.COM, BolselPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Senin (23/12/2019) menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke-71 dan Peringatan Hari Ibu ke-91, yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Tingkat Kabupaten Bolsel, yang dipusatkan di lapangan gelora alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki.

Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), saat membacakan sambutan Presiden dalam rangka peringatan Hari Bela Negara dan Peringatan Hari Ibu tahun 2019 mengatakan, tahun ini diharapkan menjadi titik awal bagi terwujudnya gerakan pemberdayaan dan perlindungan perempuan. Sehingga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, terkait prioritas pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Perempuan Indonesia masa kini dituntut untuk berperan aktif secara nyata dan aktual, mencari peluang dan kesempatan yang sama dalam berbagai bidang pembangunan yang saat ini kita nikmati. Peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak dan pencegahan perkawinan anak,” terang Bupati.

Lanjutnya, kondisi Bangsa Indonesia masih mengalami berbagai macam permasalahan, seperti kekerasan dan perlakuan diskriminatif terhadap perempuan dan anak. Dewasa ini banyak tantangan yang dihadapi oleh bangsa dan negara. Sehingga untuk menghadapi permasalahan tersebut, dibutuhkan strategi khusus “Salah satunya adalah dengan melibatkan semua unsur masyarakat dan seluruh stake holder, pemangku kepentingan, termasuk peran kaum lelaki dalam mengkampanyekan gerakan pencegahan kekerasan terhadap kesetaraan gender,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan, perlu keterlibatan semua pihak untuk bersinergi sesuai peran dan fungsinya secara kolektif, guna mendukung semua perempuan untuk maju terus, pantang mundur dan mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif dan percaya diri.

“Peringatan Hari Ibu harus menjadi momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi terhadap perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” kata Bupati

Bupati juga mengajak, para kaum perempuan untuk ikut terlibat aktif dalam pembangunan Nasional, baik untuk memperkuat ketahanan ekonomi yang berkualitas, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, maupun untuk revolusi mental dan pembangunan kebudayaan.

Bupati di akhir upacara menyerahkan sejumlah bantuan diantaranya, alat pertanian Power Tresher kepada kelompok tani dan sejumlah bantuan perikanan kepada kelompok nelayan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy. pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, Pimpinan SKPD, BUMN, BUMD, ASN dan organisasi perempuan. (Wawan Dentaw)

Komentar