Limi Mokodompit Bacakan Amanat Mendikbudristek di Hardiknas 2023

BNews, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompi betindak Inspektur Upacara (Irup) di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa 2 Mei 2023.

Upacara yang dihadiri seluruh jajaran Pemkab Bolmong ini, dipusatkan di Lapangan Kantor Bupati Bolmong, Lolak.

Selain itu, diikuti Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, unsur Forkopimda, para Asisten, pimpinan OPD dan seluruh Guru se Kabupaten Bolmong.

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati pun ikut membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Dalam amanat yang dibacakan Penjabat Bupati Limi Mokodompit, turut menjelaskan tentang sejarah pendidikan di Indonesia.

Baca JugaPemkab Bolmong Raih Penghargaan Sensanitasional Award 2023

Bahkan, didalmnya ikut disebutkan ada sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan dan membawa semakin dekat dengan cita-cita leluhur Ki Hadjar Dewantara, yakni Pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan, serta kebahagiaan setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri,” ucap Limi Mokodompit, ketika membacakan sambutan tersebut.

“Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya, sekarang bisa dapat menggunakan data Assessment Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan Pendidikan,” sambungnya lagi.

Lanjut Limi, dimomentum Hari Pendidikan Nasional Tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi. Bahkan, setiap jengkal langkah sudah berani diambil.

Baca JugaDepri – Amin Rajud Kebersamaan di Acara Halal Bihalal Pemuda Boroko

Dengan merefleksikan hal – hal yang telah kita lakukan sepanjang 3 tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan, guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar. Dan layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi.

“Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini,” turutnya.

Sementara itu, pada peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 yang telah diperingati kemarin, Penjabat Bupati Limi Mokodompit, ikut meneruskan filosif Otonomi Daerah atau Otda yang disampaikan Mendagri Tito Karnavian.

“Di tahun ini, dengan mengangkat tema Otonomi Daerah Maju Indonesia Unggul, maka sesuai filosofi esensinya yakni dengan ditetapkan Otda maka bertujuan untuk mendesentralisasikan sebagian kewenangan,” pungkas Limi Mokodompit.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar