Pemkab Bolmong Raih Penghargaan Sensanitasional Award 2023

BNews, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali raih Penghargaan. Kali ini di bidang pembangunan Sanitasi.

Penghargaan itu pun diterima langsung oleh Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, di The sentra Hotel Manado, Kamis 27 April 2023.

Bahkan penghargaan dengan kategori akses Sanitasi Layak Terbaik dari penilaian Anugerah Sulut Sensanitasional Award tahun 2023 ini, langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Penyerahan penghargaan sendiri, diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw.

Baca JugaBupati Minsel Ikuti Musrenbang Regional Sulawesi

Raihan penghargaan ini ikut dibenarkan Plt Kadis PUPR Bolmong, melalui Kepala Bidang Cipta Karya Anugerah I Paputungan ST.

Ia mengatakan, penghargaan yang diterima, telah melalui penilaian tim juri dari Pemerintah Provinsi, Lementerian PU, Akademisi dan Tenaga Ahli.

Namun hasil yang dicapai ini, tentu atas keterlibatan seluruh stakeholder dan Pemkab Bolmong untuk program sanitasi menjadi alasan utama didapatnya prestasi tersebut.

“Tentunya juga dukungan alokasi anggaran dan atas inovasi dari Pemkab Bolmong,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, ada sekitar 18 ribu kepala keluarga yang sudah menikmati sanitasi ini. Dan semua dianggarkan lewat APBD dan APBN.

Baca Juga: Depri – Amin Optimis Target RPJMD Tercapai

“Saya berharap, kedepannya dapat dialokasikan anggaran untuk sanitasi lebih diprioritaskan. Karena Sanitasi termasuk dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Program Pemerintah Sustainable Development Goals (SDG’S) 2030,” sebutnya.

Sementara itu, usai menerima penghargaan tersebut, Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit mengungkapkan, dirinya ikut berbangga atas apa yang diraih.

Namun, dirinya mengingatkan untuk tak berlaruh lama dalam kesenangan.

Menurutnya, masih banyak hal yang harus diseriusi dan jadi perhatian. Terutama soal peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Prinsipnya, adalah yang utama yakni pembangunan, pelayanan publik, termasuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat Bolmong,” sebut Limi.

“Saya pun juga berharap untuk bisa menjadi perhatian semua stakeholder dan pemangku kepentingan di daerah, agar masyarakat dapat terlayani dengan baik. Apalagi menyangkut kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Sebab, ini akan menjadi barometer kemajuan daerah kita ke depan nanti,” sambungnya.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar