Seleksi Pemilihan Uyo Nanu Kota Kotamobagu Masuk Tahap Wawancara

BNews, KOTAMOBAGU — Sebanyak 49 calon peserta pemilihan Uyo dan Nanu tahun 2023 mengikuti seleksi wawancara yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu, Kelurahan Mogolaing, Kotamobagu Barat, Rabu (3/5/2023).

Kepala Disbudpar Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta mengatakan, setelah sempat vakum selama 3 tahun akibat pandemi Covid-19, kini pemilihan Uyo dan Nanu kembali digelar.

“Dengan dibukanya kembali pemilihan Uyo dan Nanu tahun 2023 inii, diharapkan akan berjalan sukses dalam kaitan promosi budaya dan pariwisata melalui keikutsertaan generasi muda yang ada di Kota Kotamobagu,” kata Anki, Rabu (3/5/2023).

“Perwakilan Uyo dan Nanu ini akan menjadi wajah atau perwakilan karakter generasi muda Kota Kotamobagu, yang memiliki potensi dan bisa bersaing ditingkat Provinsi dalam hal mempromosikan pariwisata dan budaya yang ada di Kotamobagu,” terangnya.

Sementara itu, ketua panitia pemilihan Uyo Nanu Kotamobagu tahun 2023, Sitti Wahyuni Paputungan mengatakan tahapan pendaftaran terhitung sejak tanggal 1 April hingga 30 April 2023, namun ada kebijakan dari panitia ditambah dua hari,” ungkapnya.

Hingga 3 Mei 2023 jumlah pendaftar sudah ada sebanyak 49 peserta terdiri dari pria dan perempuan.

“Kemarin sudah mulai seleksi kesehatan dan wawancara yang meliputi pemerintahan, pariwisata dan kebudayaan serta tes bahasa inggris,”ujarnya.

Dikatakannya lagi, pengumuman hasil seleksi wawancara akan diumumkan hari ini, dan akan mengambil 20 calon finalis Uyo dan Nanu.

“Setelah diumumkan akan dilaksanakan Technical Meeting untuk membahas teknisnya, dan tanggal 4 Mei 2023 dilanjutkan dengan perkenalan para calon finalis atau malam bakudapa,” jelasnya.

“Setelah itu kata Sitti dilanjutkan dengan pembukan karantina yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2023, dan dilanjutkan dengan karantina di Hotel Sutan Raja Kotamobagu selama 4 hari dan Grand Final, akan dilaksanakan pada 13 Mei 2023,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar