Disaksikan Bupati Limi dan Forkopimda, Warga Imandi – Tambun Sepakat Berdamai

BNews, BOLMONG – Ketegangan yang sempat melanda Desa Pinobatuan (Tambun) dan Kelurahan Imandi, Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), akhirnya berbuah damai, Rabu 2 Agustus 2023.

Hal itu pun tak lepas peran Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit bersama Unsur Forkopimda Bolmong.

Bahkan, Limi Mokodompit, mengungkapkan rasa syukurnya atas kesepakatan yang telah dicapai oleh kedua belah pihak yang sebelumnya bertikai tersebut.

Harapan dan tekad untuk menyatukan kembali susana damai keduanya pun tercapai dengan dilakukannya penandatanganan nota perdamaian bersama oleh tiap perwakilan masyarakat yang sebelumnya bertikai.

Baca JugaUcapan dan Pesan Damai Bupati Limi di Hari Raya Galungan Kuningan Werdhi Agung

Tak hanya itu, momen perdamaian itu, juga memberikan kesempatan kepada para tokoh masyarakat setempat, untuk bisa menyuarakan pandangan mereka dan langsung didengar pemerintah daerah.

Demikian semangat rekonsiliasi itu, berbagai pihak yang sempat bertikai itu, termasuk keluarga korban, telah bersepakat untuk menyerahkan sepenuhnya kasus pidana yang terjadi sebelumnya, kepada aparat penegak hukum.

Dengan harapan masyarakat diproses sesuai hukum yang berlaku.

Tentu, hal ini pun menunjukkan komitmen bersama untuk menyelesaikan permasalahan secara adil dan transparan melalui Kepolisian.

Baca JugaUcapkan Selamat Galungan dan Kuningan, Bupati Limi Ajak Umat Hindu Mopugad Tingkatkan Kerukunan

Tak hanya sampai disitu, masyarakat juga mengajukan permintaan kepada pihak kepolisian, untuk bisa meningkatkan patroli keamanan serta melancarkan operasi Sajam (Senjata Tajam) maupun operasi knalpot racing di wilayah.

Permintaan ini pun, dianggap menunjukkan semangat masyarakat serta dorongan kepada Kepolisian, untuk bisa bersama menjaga stabilitas wilayah, dan dapat memberikan rasa aman bagi seluruh warga.

Bupati Limi Mokodompit pun, pada kesempatan dan menyaksikan langsung proses perdamaian tersebut, menyampaikan rasa syukurnya.

“Saya ucapkan rasa syukur dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, karena dapat merangkul dan bersepakat damai,” ucap Bupati Limi.

Baca JugaBupati Limi dan Kapolres Arianto Minta Imandi Tambun Berdamai

Bupati berharap, konflik keduanya tak akan terulang lagi, kapanpun, maupun di waktu mendatang.

“Kami hanya menginginkan wilayah Dumoga Raya ini kembali pulih, aman dan tertib, serta masyarakat tidak mudah teradu-domba,” harap Bupati Limi Mokodompit.

Deklarasi damai dua wilayah yang bertikai itu, berlangsung di perbatasan antara Desa Tambun dan Kelurahan Imandi, berjalan kondusif.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar