Pemkab Bolmong Resmi Buka Kegiatan Pelatihan DEA 2021 BPSDMP Kominfo Manado

BOLMONG–Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Zainudin Paputungan SE MAP, membuka secara resmi Pelatihan Digital Entrepreneursship Academi (DEA) 2021 yang digelar Balai Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunukasi dan Informasi (BPSDMP KOMINFO) Manado, di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Kamis (10/6).

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Zainudin Paputungan menyampaikan, selamat datang kepada 50 peserta DEA 2021. Selaku pemerintah memberikan apresiasi dan ucapan terimaksi kepada BPSDMP KOMINFO Manado, selaku pelaksana kegiatan.

“Tentu, kegiatan ini sangat penting dan strategis, karena merupakan sarana dan wahana untuk kita semua, terlebih dalam menghadapi era global sekaligus era millennial yang penuh kompetisi. Pelatihan DEA ini merupakan program dengan sasaran mencetak pengusaha Digital baru, dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul dalam menghadapi era revolusi industry,” ucap Zainudin, saat membacakan sambutan Bupati Bolmong.

Lanjutnya, terlebih akibat pandemi saat ini, tentu sangat berdampak pada perekonomian masyarakat yang menurun drastis.

“Terutama pada empat sektor yaitu pariwisata, perdagangan, manufaktur dan pertanian,” sebutnya.

Meski begitu, prospek bisnis di masa pandemi kian meningkat. Mulai dari bisnis online mencapai angka 400 persen, penjualan pulsa meningkat 1000 persen, logistil 400 persen, serta produk kecantikan dan kesehatan naik 800 persen. Oleh itu, salah satu upaya pemerintah dalam membangkitkan kembali sektor perekonomian masyarakat, dikeluarkan peraturan pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021, tentang kemudahan perlindungan, pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Mewakili Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Asisten II Zainudin Paputungan SE MM, saat menyematkan tanda peserta DEA 2021. Kamis (10/6)

“Dengan ditetapkan peraturan ini, memberikan perlindungan kemudahan dan pemberdayaan bagi koperasi dan UMKM lebih optimal, komprehensif serta terkoordinasi dengan baik,”jelasnya.

Pemkab Bolmong sendiri, mendorong para pelaku usaha maupun calon wirausahawan, agar selalu kreatif, inovatif dan produktif yang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi di situasi pandemi covid-19.

Bupati Bolmong pun berharap, kegiatan pelatihan DEA ini dengan target utama adalah UMKM, yang saat ini menjadi salah satu penopang perekonomian negara, dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik mungkin, serta dapat mewujdkan Kabupaten Bolaang Mongondow semakin maju dan hebat.

“Diharapkan kegiatan ini juga dapat mendongkrak nilai produk domestic regional bruto Kabupaten Bolmong,” harap Bupati.
Selanjutnya, Bupati Yasti juga meminta, agar Kepala Dinas Koperasi dan UMK Bolmong, dapat membuatkan peta jalan (Road MAP) yang jelas dan berkelanjutan.

“Saya minta untuk membuatkan peta jalan yang jelas dan berkelanjutan, agar pengembangan UMKM di Bolmong tidak hanya selesai pada ruang pelatihan, namun dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Bolmong,” pinta Bupati Bolmong.

Diketahui, kegiatan pelatihan BPSDMP Kominfo Manado yang menggandeng Diskomnfo Bolmong, akan berlangsung selama 2 (dua) hari, dengan para peserta pelaku UMKM di Bolmong.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Zainudin Paputungan SE MAP, Kepala Dinas Kominfo Bolmong Jenly Mongilong SKom, Kepala BPSDMP Kominfo Manado Christiany Judita SSos MA, Kepala Cabang Bank Mandiri Bolmong, Sek Disperindag Bolmong, beserta 50 peserta pelatihan DEA 2021.

(Adevertorial /Yudi Paputungan)

Komentar