Bupati Sachrul Pimpin Upacara Memperingati Hari Pahlawan

BNews, BOLTIM – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S.Sos., M.Si memimpin Upacara Hari Pahlawan.

Kegiatan digelar di lapangan upacara depan Kantor Bupati Boltim dan diikuti peserta ASN TNI-Polri, Satpol PP serta Para pelajar SMP, dengan Tema “Pahlawanku Teladanku” pada Kamis, 10 November 2022.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto saat memimpin upacara Hari Pahlawan, Kamis 10 November 2022. (Foto: Gazali Potabuga)

Dalam sambutannya, Bupati Sachrul mengajak agar menghargai dan menghormati jasa para pahlawan.

“Mari kita menghargai, menghormati mereka (Pahlawan) yang telah gugur di medan laga, yang telah mengorbankan nyawa dan harta untuk kemerdekaan negeri tercinta ini,” kata Sachrul.

Sachrul juga mengatakan, pekerjaan para pahlawan telah usai, namun mereka (Pahlawan) meninggalkan pekerjaan rumah yang sangat besar untuk kita.

“Berjuang untuk kemerdekaan kesehatan, kemerdekaan sosial, dan kemerdekaan pendidikan, Itu yang harus kita lanjutkan sampai saat ini,” ujarnya.

Tak hanya sampai disitu, Sachrul juga menyampaikan bahwa the real hero adalah mereka (Pahlawan) yang benar-benar mengabdikan diri kepada Nusa Bangsa, termasuk kepada daerah ini.

Suasana upacara memperingati Hari Pahlawan yang digelar Pemkab Boltim, Kamis 10 November 2022. (Foto: Gazali Potabuga)

Untuk itu, salah satu upaya menghargai pahlawan adalah dengan mengingat para penghianat. Dengan begitu, kita sangat menghargai pahlawan.

“Penghianat itu tidak ingin Indonesia merdeka. Jangan sampai itu terjadi saat ini. Dimana mereka (Penghianat) yang memecah belah kita, karena tidak ingin Indonesia maju atau bahkan daerah itu berkembang,” ujarnya.

Lanjutnya, penghianat ada para pemecah belah persatuan karena kepentingan – kepentingan pribadi dan ambisinya.

“Mereka itu harus kita lawan. Agar tidak menjadi duri dalam daging bangsa Indonesia, ataupun daerah tanah kita tercinta,” tegasnya.

Bupati Boltim juga menyampaikan moment hari pahlawan ini bukan hanya kita menghormati jasa para pahlawan. Tapi kita harus menjaga nilai-nilai yang mereka turunkan kepada kita.

Suasana upacara memperingati Hari Pahlawan yang digelar Pemkab Boltim, Kamis, 10 November 2022. (Foto: Gazali Potabuga)

“Dengan kebesaran jiwa, semangat yang kuat, tekad yang kuat, dan bekerja tanpa pamrih,” tuturnya.

Sacrul mengungkapkan, bahwa dirinya sempat terbersit soal pesan para pahlawan yang dibacakan siswa siswi SMP, seperti dari Muhammad Yamin.

Dari pesan tersebut memilik makna bahwa cita-cita perjuangan kemerdekaan bangsa ini tidak hanya tumbuh begitu saja, tapi direbut dengan sudah payah.

“Begitu juga perjuangan bapak ibu, untuk merebut sebuah jabatan bukan mudah. Setelah kita dapatkan, harus kita berikan yang terbaik kepada bangsa ini, kepada negeri, dan daerah ini,” pungkas Bupati Boltim.

Advertorial

Komentar