Warga Molobog Barat Pertanyakan Pembayaran Lahan TPU

BNews, BOLTIM –  Pembayaran lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Molobog Barat, Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menjadi polemik dikalangan warga setempat.

Hal ini terungkap pada saat rapat penyerahan aset Desa Molobog Barat, yang digelar di halaman Kantor Desa, Selasa 10 Januari 2023, malam.

Lahan TPU tersebut menurut sejumlah warga dibayarkan melalui dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), berdasarkan hasil kesepatan bersama pemerintah desa.

Namun, belakangan diketahui ternyata lahan tersebut belum dibayar lunas.

“Sebelumnya masyarakat sudah tahu bahwa lahan TPU ini sudah lunas dibayar oleh pemerintah desa melalui dana BUMDes, ternyata belum lunas dan menjadi hutang masyarakat kepada pemilik lahan,” ungkap Muhammad Mokodompit.

Pembayaran dengan menggunakan dana dari BUMDes ini turut dibenarkan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Molobog Barat, Kasmat Moses.

“Iya, pembebasan lahan TPU Molobog Barat dibayarkan menggunakan dana BUMDes tahun 2019 dan dibayarkan pada tahun 2020, dengan hasil kesepakatan bersama pemerintah desa,” ujarnya, Rabu (11/1/2023) saat ditemui bolmong.news.

Sementara itu Penjabat sementara (Pjs) Sangadi (Kepala Desa) Molobog Barat, Badiah Gansi mengaku bahwa benar masih ada sisa hutang pembayaran lahan TPU itu.

“Yang belum dibayarkan untuk lahan tersebut sebesar 13 juta rupiah dari 25 juta untuk harga lahan TPU,” ungkapnya.

Badiah menegaskan akan berupaya melunasi sisa hutang pembayaran lahan tersebut dengan dibantu oleh warga.

“Insyaallah secepatnya dengan dibantu masyarakat, agar permasalahan ini juga cepat selesai. Karena saya juga tidak tau untuk pembayaran TPU ini diambil dari mana, yang jelas bukan dari ADD maupun dana desa,” pungkasnya.

Reporter: Gazali Potabuga

Komentar