Wamenag: ASN Jangan Terlibat Politik Praktis

BNews, KOTAMOBAGU – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kotamobagu Jamaluddin Lamato, hadiri undangan pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag dan Bimbingan Teknis (Bimtek), Senin (13/2/2023) di Grand Wizh Hotel Manado.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Zainut Tauhid Sa’adi, sekaligus membuka Bimtek peningkatan kapasitas penghulu, peningkatan kualitas kompetensi SDM Masjid, Capacity Building Revitalisasi dalam pemenuhan dan pengelolaan sarpras KUA Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam kesempatannya Wamenag RI mengingatkan, memasuki tahun politik agar ASN Kemenag menjadi garda terdepan dalam mengawal politik yang sehat dan demokratis.

“ASN Kemenag jangan terlibat kegiatan politik praktis yang dapat memecah belah dan membuat suasana jadi tidak kondusif,” ujar Wamenag.

“Begitu juga dalam moderasi beragama, kita harus jadi garda terdepan untuk membangun umat beragama yang saling toleran, jauh dari perpecahan, saling menghargai,” sambungnya.

Baca Juga: Kemenag Kotamobagu Salurkan Bantuan Bencana Alam Manado

Selain itu, Wamenag juga menyampaikan enam pesan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, yang menjadi fokus utama yang harus dilakukan di tahun 2023.

“Peningkatan profesionalisme ASN, komitmen anti korupsi, respons cepat penanganan Isu di masyarakat, realisasi anggaran program prioritas yang akuntabel, tercapainya 10 juta sertifikasi halal dan tahun 2023, tahun kerukunan umat beragama,” terangnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kakanwil Kemenag Sulut H. Sarbin Sehe, menyampaikan laporan terkait pembangunan rumah ibadah di Sulut dan biaya perjalanan haji.

“Kami berharap kedepan rumah ibadah dapat menjadi tempat yang ramah, sehingga siapapun umatnya yang akan datang beribadah akan merasa tenag dan nyaman. selain itu, terkait biaya perjalanan haji yang saat ini lagi diperbincangkan dan sudah dilakukan sosialisasinya sejak tahun 2022 InsyaAllah dalam waktu dekat ini akan ada keputusan final,” kata Sulut.

Turut hadir mendampingi Wamenag dalam kegiatan ini Kakanwil Kemenag Sulut H. Sarbin Sehe, Plt. Rektor IAKN Manado Olivia Cherly Wuwung, Rektor IAIN diwakili Warek I Ahmad Rajafi, Karo AUAK Marwan Razak, Karo AUAK IAKN Manado Jhon Tilaar dan Rukmina Gonibala, serta para pejabat administrator di lingkungan Kanwil Kemenag Sulut.

Reporter: Miranty Manangin

Editor: Agustinus Hari

Komentar