Rampung Penyesuaian APBDes, Lima Desa Ini Sudah Bisa Cairkan ADD Tahap II

BNews, KOTAMOBAGU — Sejumlah desa di Kota Kotamobagu saat ini sedang melakukan penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Hal itu dilakukan setelah adanya refocusing Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kotamobagu Teddy Makalalag, melalui Kabid Pembangunan, Keuangan dan Aset Desa, Fahrin Ambaru, mengatakan, sebanyak 8 dari 15 desa sudah melakukan penyesuaian APBDes.

“Desa yang sudah melakukan penyesuaian sampai dengan hari ini ada 8 desa yakni Desa Poyowa Kecil, Poyowa Besar Dua, Bungko, Bilalang Dua, Pontodon, Sia, Moyag dan Kobo Kecil,” kata Fahrin saat dihubungi Senin (31/7/2023).

Meski demikian, Fahrin menjelaskan dari 8 desa tersebut baru 5 desa yang sudah bisa mengajukan pencairan ADD tahap II (April, Mei dan Juni) dari Kas Daerah (KASDA) ke Kas desa, karena telah melakukan posting APBDes lewat aplikasi SISKEUDES.

“Lima desa yang sudah boleh mengajukan pencairan tahap II yakni Poyowa Besar Dua, Bungko, Bilalang Dua, Pontodon dan Sia,” sebutnya.

Harusnya kata Fahrin, untuk penyesuaian APBDes tersebut sudah dilakukan seluruh desa paling lambat akhir Juli.

“Sehingga bagi desa yang lambat maka kegiatannya termasuk Siltap dan tunjangan akan tertunda. Hal ini sudah sering kami ingatkan ke Pemdes untuk diantisipasi agar supaya pelaksanaan kegiatan tidak tertumpuk di akhir tahun,” tandasnya.

Untuk diketahui, besaran anggaran ADD 15 desa yang direfocusing yakni 10 persen dari pagu induk sebesar Rp38 miliar.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar