Raih Gelar Magister Sains, Bupati Yasti Kagum Capaian Akademis Bupati Sachrul Mamonto

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S Sos, resmi meraih gelar Magister Sains dari Pascasarjana Program Studi Pembangunan (PSP) Universitas Sam Ratulangi Manado, usai mengikuti ujian komprehensif, Kamis (6/1).

Dengan berhasilnya meraih gelar Magister Sains, Sam Sahrul Mamonto mendapat apresiasi dari Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.

Menurut Bupati Yasti, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, perlu menjadi role model dan motivasi anak muda di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Sejujurnya saya kagum, salut atas pencapaian akademis yang dilakukan oleh Sachrul,” ujar Bupati Yasti, Jumat (7/1).

Lanjutnya, apalagi Sachrul Mamonto yang ditengah kesibukannya memimpin pemerintahan di Kabupaten Boltim, dirinya tak lupa memperkuat kapasitas Sumber Daya Manusianya (SDM) dengan menyelesaikan studi Magister di Universitas Sam Ratulangi.

Mantan Ketua Komisi V DPR RI ini mengakui, tentu tak mudah melakukan dan membagi waktu kuliah dan aktivitas memimpin pemerintahan daerah, terlebih dimasa pandemi covid-19 sekarang ini.

Bupati Yasti yang sukses membawa Kabupaten Bolmong meraih predikat WTP untuk pertama kalinya mengungkapkan, Sahrul Mamonto adalah salah satu contoh pemimpin yang pembelajar serta menghargai proses dan tidak instan.

“Saya tahu Sahrul aktif mengikuti perkuliahan sejak beliau masih bekerja di Bank Sulut, namun saat itu tersendat karena mencalonkan diri jadi kepala daerah di Kabupaten Boltim,” ungkap Bupati Yasti.

“Dan kemudian, dirinya melanjutkan lagi kuliahnya, setelah memastikan terpilih sebagai Bupati,” sambung Yasti.

Tentu, Sahrul adalah contoh anak muda yang harus dijadikan role model dan motivasi bagi anak muda BMR, agar tidak berpikir instan dalam mencapai gelar akademis.

“Tak sedikit pejabat atau mereka yamg punya uang mengambil gelar S1 atau S2 dengan cara instan, tanpa mengikuti proses perkuliahan sebagaimana mestinya dan tiba-tiba orang mendengar sudah S2, di salah satu universitas atau lembaga pendidikan yang tidak jelas,” jelas Bupati.

Sehingga, Bupati Bolmong ini pun mengajak para pemuda di BMR, untuk menjadikan Sam Sachrul Mamonto sebagai contoh dan teladan.

“Walaupun sudah menjadi top leader atau Bupati, dia (Sachrul) tidak berhenti untuk belajar dan belajar dan itu dibuktikan dari hasil pencapaian yang diraihnya hari ini,” ungkapnya.

Bangga apa yang diraih Sam Sachrul Mamonto, diakhir penjelasan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow mengutip sebuah kutipan pendiri Ford Motor Company Hendry Ford.

“Seseorang yang berhenti belajar adalah orang lanjut usia, meskipun umurnya masih remaja. Seseorang yang tidak pernah berhenti belajar akan selamanya menjadi pemuda,” pungkas Yasti.

 

 

(Yudi Paputungan)

Komentar