Pemda Boltim Bangun Balai Penyuluh Pertanian di Kecamatan Mooat

BolmongNews.com, Boltim–Sebagai upaya maksimalisasi pendampingan penyuluh bagi petani di setiap wilayah kecamatan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pertanian menyiapkan anggaran untuk pembangunan kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Kecamatan Mooat.

Kepala Bidang Prasarana Sarana Pertanian (PSP), Dinas Pertanian Boltim, Lam Paputungan SP mengatakan, pada tahun anggaran 2019 pihaknya telah menganggarkan pembangunan BPP senilai Rp 754 juta, setelah pada sebelumnya menyiapkan tiga kantor BPP di Kecamatan Kotabunan, Nuangan dan Modayag Barat pada tahun 2012.

“Jika tahun ini kita bangun BPP di Kecamatan Mooat, maka total kantor penyuluh sudah 5 yang disiapkan Pemda Boltim. Rencana pembangunan BPP di Mooat diperkirakan bulan Juli mendatang,” ujar Lam, pada Senin (24/06) siang tadi.

Lam menjelaskan bahwa program penyediaan BPP sebagai upaya pemenuhan kebutuhan bagi penyuluh di setiap kecamatan. Upaya ini juga untuk memudahkan petani dalam melakukan konsultasi terkait permasalahan yang terjadi di setiap wilayah pertanaian.

“Kesiapan prasara dan sarana penyuluh ini untuk memudahkan  proses pendampingan bagi petani,” kata Lam.

Lam menuturkan, penyuluh yang siaga dalam melayani petani tercatat sekitar 49 tenaga penyuluh. Jumlah ini terbagi di tujuh wilayah kerja di setiap kecamatan.

“Tinggal dua kecamatan yakni Motongkad dan Tutuyan yang BPP nya masih berstatus pinjam aset desa. Sesuai perencanaan kita terget bakal bangun BPP di semua kecamatan,” pungkasnya. (Lee)

Komentar