Masuk Tahun Ajaran Baru, Disdik Kotamobagu Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum Operasional

BNews, KOTAMOBAGU — Memasuki tahun ajaran baru tahun 2023, Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu menggelar Workshop Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.

Sekretaris Disdik Kotamobagu, Kusnadi Pobela S. Pobela mengatakan, pelaksanaan workshop penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan telah dilaksanakan di seluruh satuan pendidikan, kurang lebih 2 minggu terakhir disaat libur kenaikan kelas.

“Hari ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kotamobagu dan akan berlangsung selama 2 hari kedepan. Kegiatan ini menghadirkan narasumber diantaranya Kepala Disdik, Kabid Dikdas, Korwas dan saya sendiri,” kata Kusnadi, ditemui Bolmong.News di ruang kerjanya, Rabu (5/7/2023).

Dikatakannya, kehadiran pihak Disdik dan pengawas dalam pelaksanaan workshop tersebut, guna membantu menyusun dan merumuskan kurikulum di masing-masing satuan pendidikan.

Di mana, kurikulum operasional ini wajib dimasukan masing-masing satuan pendidikan di awal tahun ajaran baru, sebagai parameter dalam pelaksanaan program pendidikan selama kurang lebih setahun.

“Disdik sendiri akan melakukan verifikasi terlebih dahulu seluruh kurikulum yang disusun satuan pendidikan, baru bisa melakukan proses pembelajaran,” ujarnya.

Dia pun berharap dengan adanya penyusunan kurikulum satuan pendidikan ini, sekolah dapat menganalisis rapor pendidikan di satuan pendidikan.

“Karena dengan rapor ini kita akan bisa mengetahui capaian anak-anak didik setahun yang lalu, artinya akan diketahui apa-apa saja yang akan dibenahi untuk menutupi kekurangan pada rapor pendidikan itu sendiri,” harapnya.

“Secara umum angka literasi dan numerasi kita masih stagnan, insyaallah dengan upaya yang dilakukan bersama bisa meningkatkan capaian anak-anak didik kita dalam hal literasi dan numerasi,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar