Lomba Adiwiyata Tingkat Kotamobagu Masuk Tahap Penilaian

BNews, KOTAMOBAGU — Penilaian lomba Sekolah Adiwiyata tahun 2023 tingkat Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara, masuk tahap penilaian.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kotamobagu, Kusnadi Pobela penilaian lomba telah dilaksanakan sejak 19 Juni 2023 dan akan berakhir pada 26 Juni 2023.

Lanjutnya, untuk tahun 2023 ini lomba tersebut diikuti sebanyak 18 sekolah yang tersebar di wilayah Kota Kotamobagu, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Total peserta sebanyak 18 sekolah yang terdiri dari 14 Sekolah Dasar dan 4 Sekolah Menengah Pertama,” kata Kusnadi kepada awak media Bolmong.News, dihubungi Jumat (23/6/2023).

Kusnadi menuturkan, ada beberapa aspek yang menjadi indikator penilaian para tim juri dalam lomba khusus program lingkungan hidup tersebut.

“Mulai dari aspek kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup, aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan hidup, aspek kegiatan lingkungan di sekolah berbasis partisipatif hingga aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Adapun tim penilai dalam lomba Sekolah Adiwiyata tersebut tambahnya, terdiri dari berbagai unsur terkait.

“Mulai dari unsur Kemenag, unsur pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan, serta LSM dan unsur Pers,” ujarnya.

Ia pun berharap, ajang perlombaan ini, bisa memberikan dampak positif bagi sekolah-sekolah peserta, dalam hal pendidikan yang berwawasan lingkungan.

“Dinas pendidikan berharap 18 sekolah yang mengikuti ajang ini, semoga bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban dengan kata lain yang penting telah mengikuti, akan tetapi perlu dimaknai secara dalam esensi dan substansi aspek-aspek penilaian sehingga dapat berdampak positif pada pembelajaran yang berwawasan lingkungan,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar