Pemkab Bolmut Gelar Prosesi Adat Mopohabaru Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah

BNews, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Prosesi Adat Mopohabaru/Mopatu dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang bertempat di Rumah Dinas (Rudis) Bupati, Desa Bolangitang 1, Kecamatan Bolangitang Barat, Jumat 23 Juni 2023.

Prosesi Adat Mopohabaru diawali dengan pemukulan kulintang dan kata-kata adat yang disampaikan oleh Tokoh Adat.

Mopohabaru sendiri adalah merupakan kegiatan memberitahukan atau memberi kabar bahwa Hari Raya Idul Adha telah tiba.

Baca JugaBupati Depri Harap Pengelolaan Keuangan Daerah di Tahun Berikutnya Lebih Tertib

Hadir selaku Pemerintah, Bupati Depri Pontoh mengatakan, dalam beberapa hari kedepan, umat muslim di Dunia khususnya di Kabupaten Bolmut, sebentar lagi akan menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau sering disebut Hari Raya Qurban.

Kegiatan Prosesi Adat Mopohabaru sendiri bukan hanya kali pertama dilaksanakan di Kabupaten Bolmong Utara.

Namun, kata Depri Pontoh, kegiatan ini sudah menjadi tradisi tahunan dan dilaksanakan setiap tahunya disetiap desa maupun kecamatan.

Bahkan, Prosesi Adat Mopohabaru dilaksanakan melalui dari hasil musyawarah dari setiap masyarakat yang ada di desa dan kecamatan, kemudian setelahnya disampaikan kepada Pemerintah Daerah selaku pemangku tertinggi adat.

Baca JugaSatkamling Diharapkan Jadi Cooling System pada Pemilu 2024

Dalam kesempatan tersebut, Depri Pontoh pun berharap, diakhir masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati Amin Lasen, berharap agar seluruh jajaran Pemkab Bolmut dapat bergandengan tangan serta melaksanakan tugas pemerintah.

“Saya meminta kiranya seluruh pimpinan OPD dan Unsur Forkopimda, marilah kita bergademgan tangan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan,” tutur Bupati.

“Terakhir saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh Unsur Forkopimda, para Tokoh Adat, Agama, para Camat, Sangadi, serta orang-orang Tua Saya, khususnya masyarakat Bolmut, jika selama kurang lebih 15 tahun pengabdian, ada hal-hal yang kurang berkenaan maka saya mohon maaf.

Baca JugaCegah Korupsi Sektor Pendidikan, KPK Perkuat Integritas Penyelenggara Negara di Kemendikbudristek

Dan siapapun yang menjadi pemimpin di Kabupaten Bolmut nanti, kita harus bisa menerima dengan lapang dada,” pungkas Bupati Depri Pontoh.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua TP-PKK Bolmut Hj Ainun Depri Pontoh, Ketua 1 TP-PKK Hj Siti Safwania Amin Lasena, Sekretaris Daerah dr Jusnan C Mokoginta MARS, Unsur Forkopimda, para Asisten, pimpinan OPD, Camat dan Sangadi se Bolmut.

Berikut para petugas pelaksanaan Sholat Ied 1444 Hijriyah :

– Khotib : Idrus Sante,S.Ag

  Cadangan Khotib : Iswan Syaban

– Bilal : Amir Lauma

 Cadangan Bilal : Irfan Bagong,S.Pd.I

– Imam : Saharin Harundja

 Cadangan Imam : Ust Bashir Binjanati,S.Pd.I

Reporter : Muchtar L Harundja
Editor     : Wahyudy Paputungan

Komentar