Dispora Boltim Sosialisasikan Olahraga Tradisional di SD dan SMP

BNews, BOLTIM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus mensosialisasikan program olahraga tradisional.

Sosilisasi itu dilakukan  kepada guru dan siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai ke masyarakat se-Kabupaten Boltim.

Kepala Dispora Boltim Sogol Mamonto melalui Kepala Bidang  Pemberdayaan Olahraga Harianto Mamonto mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini adalah mengangkat olahraga tradisional sebagai kearifan lokal daerah dan identitas daerah kita.

“Memasyarakatkan olahraga dan meng-olahragakan masyarakat Kabupaten Boltim. Sosialisasi olahraga tradisional sasarannya adalah guru dan siswa siswi SD dan SMP,” ucap Harianto, Senin (13/3/2023) saat sosialisasi di SMP Satap Molobog, Kecamatan Motongkad, Boltim.

Dia berharap kedepan olahraga tradisional akan terus dilestarikan disemua sekolah yang ada di Kabupaten Boltim.

“Dilestarikan agar tidak hilang di makan jaman dan masyarakat hingga generasi kita akan tahu serta mengenal permainan olahraga tradisional ini, demi menuju kabupaten Boltim berbudaya dan bersinar,” terangnya.

Lanjutnya, adapun jenis olahraga tradisional yang disosialisasikan seperti Langkadan, Hadang, dan permainan tradisional lainnya.

“Kami mensosialisasikan olahraga tradisional mulai dari jenis permainan, ukuran lapangan, teknik bermain, penilaian, sampai pelanggaran permainan,” jelas Harianto.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di tujuh kecamatan se Kabupaten Boltim.

Reporter: Gazali Potabuga

Komentar