Bupati Iskandar Terima Sertifikat Kabupaten Bebas Frambusia dari Kemenkes RI

BNews, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru, menerima sertifikat bebas frambusia yang diserahkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunawan Sadikin.

Sertifikat tersebut diterima pada kegiatan peringatan hari Neglected Tropical Diseases (NTBs) Sedunia, yang diselenggarakan di Krakatau Grand Ballroom TMII, Selasa (21/2/2023).

Kegiatan itu dihadiri 103 Bupati dan Walikota penerima sertifikat bebas Frambusia dan 5 Bupati serta Walikota penerima Eliminasi Filariasis.

Iskandar menyampaikan berdasarkan Asesment laporan Frambusia, sejak tahun 2018 hingga saat ini Kabupaten Bolsel zero Frambusia.

“Ini juga dikuatkan dengan hasil survey dari TIM Frambusia Kemenkes RI Desember 2022 yang mengambil sample siswa di sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Bolsel,” kata Iskandar.

“Di mana terdapat 163 suspek dengan hasil pemeriksaan  negatif (zero) tidak ditemukan positif Frambusia,” tambahnya.

Bupati berharap dengan diterimanya sertifikat ini menjadi pemacu semangat serta komitmen dengan semua pihak yang berkompeten, untuk terus mengupayakan serta mempertahankan status Bolsel zero frambusia seperti saat ini.

“Serta terus menggerakkan masyarakat untuk mengetahui dan mencegah secara dini frambusia,” kata Iskandar.

Hadir dalam acara ini Menteri Kesehatan RI Budi Hunawan Sadikin, Dirjen P2P Kemenkes RI dr. Maxi Rondonuwu, dan para pejabat utama Kemenkes serta para pemerhati kesehatan serta kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kota penerima penghargaan.

Reporter: Wawan Dentaw

Komentar