Bupati dan Wabup Hadiri Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Bolsel

BNews, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Bolsel, Ny. Selpian Kamaru-Manoppo dan Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid bersama Sekretaris TP-PKK Bolsel Ibu Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola menghadiri Bimbingan Tehnis (Bimtek).

Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sekaligus dirangkaikan dengan pengukuhan Bunda PAUD di 7 Kecamatan dan 81 Desa se- bolsel bertempat di Hotel Aston Manado. Rabu, 14 Desember 2022.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru diawal sambutannya mengucapkan selamat menjalankan tugas.

Bupati mengatakan, tugas yang paling utama Bunda PUAD adalah memastikan bahwa anak-anak sudah terlayani oleh lembaga di wilayah masing-masing.

“Bunda PAUD wajib  memiliki tanggung jawab untuk memastikan setiap anak yang lahir memiliki identitas berupa akta kelahiran, agar mereka dapat menjadi warga negara Indonesia yang terlindungi hak-haknya sejak dini,” tutur Iskandar.

Selain itu, kata Iskandar bunda PAUD juga harus mendorong agar para orang tua ikut berperan aktif berpartisipasi dengan pola pengasuhan di rumah.

“Mengingat besarnya tantangan kedepan yang dihadapi, olehnya pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak terlebih peran orang tua,” kata Iskandar.

“Salah satu poin yang sangat strategis adalah dukungan dan peran Bunda PAUD, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat desa dan kelurahan sebagai motor Gerakan Nasional PAUD Berkualitas,” tambah Iskandar.

Bunda PAUD adalah Bunda-bunda penggerak Pendidikan Anak Usia Dini, yang bersentuhan langsung dengan kelompok-kelompok Pendidikan Anak Usia Dini.

“Oleh karena itu, saya berharap para Bunda PAUD yang telah dikukuhkan dan di ambil sumpah harus memiliki target selama masa baktinya wajib memiiki 1 TK dan 1 KB pada setiap desa serta memiliki 1 TK Negeri di setiap Kecamatan,” ujar Iskandar.

Turut hadir Sekretaris Daerah Bolsel Marzanzius A. Ohy, S.STP., MAP, Pimpinan OPD, Para camat dan sangadi dan para peserta Bimtek bunda PAUD di 7  kecamatan dan 81 desa. (*/Wawan Dentaw)

Komentar