Bersama BPS, Pemkot Kotamobagu Gelar FGD

BNews, KOTAMOBAGU – Bersama Badan Pusat Statistik (BPS), Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar Forum Group Discussion (FGD) Evaluasi dan Pembinaan Statistik Sektoral, Senin (5/2/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Bappelitbangda Kotamobagu ini, dibuka lansgung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Sofyan Mokoginta.

Sofyan Mokoginta memberikan apresiasi kepada BPS dalam mewujudkan Satu Data Kotamobagu menuju Satu Data Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut tidak lepas dari sinergitas yang terbangun baik antara Pemkot dengan BPS Kotamobagu. Terutama dalam pengendalian inflasi.

Sofyan mengatakan, Pemkot dan BPS Kotamobagu intens melakukan penilaian dan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral.

Namun demikian, penilaian yang dilakukan dinilai masih kurang penyelenggaraannya, sehingga masih dalam tahap harmonisasi penyesuaian.

“Dalam waktu dekat statistik sektoral di tingkat Pemkot Kotamobagu dengan pemerintah daerah lainnya di Indonesia akan dilaksanakan kembali dan dinilai dalam bentuk nilai indeks. Nilai indeks ini akan menggambarkan kapabilitas dan kematangan kegiatan statistik sektoral yang dijalankan oleh pemerintah daerah, penilaian ini terdiri dari tingkat rintisan, terkelola, terdefinisi, terpadu dan terukur serta tingkat Optimum yang menggambarkan tingkat maksimal,” ungkapnya.

Terkait hal ini, Sofyan pun berharap Kotamobagu mendapatkan nilai indeks pembangunan statistik yang baik.

“Karena kegiatan-kegiatan yang kita kerjakan selama ini sudah mengikuti dengan baik arahan maupun pedoman pembina data dalam hal ini pihak BPS Kotamobagu,” tandasnya. (*)

Komentar