Presiden Jokowi Shalat Jumat Berjamaah di Masjid Ahmad Yani Manado

BNews, SULUT – Presiden Joko Widodo atau Jokowi tunaikan shalat Jumat di Masjid Ahmad Yani Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat 20 Januari 2023.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bersama rombongan dihari ke 2 dalam kunjungan kerjanya di Sulawesi Utara, telah dijadwalkan meninjau Kawasan Wisata Bunaken, Kota Manado, pagi tadi.

Presiden Jokwi bersama rombongan tiba di Kota Manado, setelah menempuh perjalanan dengan menggunakan kapal motor, dari Dermaga Bunaken.

Tiba di Kota Manado, Presiden Jokowi pun bersama rombongan langsung menuju Masjid Ahmad Yani Manado untuk menunaikan ibadah shalat Jumat.

Baca Juga:Kunjungi Bunaken, Jokowi: Awal Februari Ramai Turis dari Tiongkok Akan Masuk ke Manado

Presiden Jokowi pun ikut didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kedatangan Presiden disambut Plt Ketua Badan Takmir Masjid Raya Ahmad Yani Hj Lutvia Alwi Malabar dan Imam Besar Masjid Raya Ahmad Yani KH Sofyan.

Jokowi pun langsung menuju mengambil air wudhu untuk persiapan sholat Jumat.

Usai melaksanakan ibadah shalat Jumat, Presiden Jokowi meresmikan penataan kawasan Masjid Ahmad Yani yang berupa pembangunan menara.

Momen itu juga dimanfaatkan Presiden Jokowi dengan menyapa para jamaah yang hadir pada shalat Jumat berjamaah.

Baca Juga:Jokowi Sebut Tak Perlu Khawatir Terima Turis dari Tiongkok

Menara yang terletak di Kelurahan Lawangirung, Kecamatan Wenang Kota Manado ini, memiliki luas 49 meter persegi dan mulai dibangun pada 2020.

Sementara itu, Plt Ketua Badan Takmir Masjid Raya Ahmad Yani Hj Lutvia Alwi Malabar dalam keterangannya menyebutkan, menara ini dibangun untuk membantu pelaksanaan pemantauan Rukyatulhilal dalam rangka penentuan awal Ramadan, Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

“Menara ini kita akan khususkan untuk melihat Rukyatulhilal,” ujar Lutvia, seperti di kutip Bolmong.News dari BPMI Setpres.

Lutvia lanjut menyebut, keberadaan menara Masjid ini akan menambah destinasi wisata rohani baru bagi Kota Manado.

Baca Juga:Presiden Jokowi: Bendungan Lolak Selesai Maret

Menurutnya, masyarakat maupun wisatawan, dapat bisa melihat keindahan Kota Manado dari atas menara.

“Ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata juga untuk melihat Kota Manado di atas menara,” ujarnya.

Dirinya pun menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah meresmikan penataan kawasan Masjid Ahmad Yani.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan rombongan yang telah menyempatkan waktu berkunjung ke Kota Manado dan shalat berjamaah di Masjid ini,” ucap Lutvia.

Terinformasi, Ketua MUI Manado KH Yaser bin Salim Bachmid bertindak selalu Khatib dengan Khotbah yang disampaikan “Meraih Keberkahan dan Kesuksesan Dengan Peningkatan Kualitas Imtaq”.

Baca Juga:Jokowi Kunjungi Pasar Tradisional di Minut, Firasat Mokodompit: Inflasi Sulut Aman

Ada pun menjadi Imam pada shalat Jumat Ketua MUI Sulawesi Utara KH Abdul Wahab Abdul Gafur.

Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah Gubenur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Manado Andrei Angouw, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara Sarbin Sehe, Wakil Ketua Badan Takmir Masjid Raya Amin Gaib dan Sekretaris Umum BTM Shuaib Sulaiman.

Editor : Wahyudy Paputungan

Komentar