Bupati Musi Rawas Dampingi Danrem Serahkan Bantuan Sembako Kepada Warga Terdampak Banjir

BNews, MUSI RAWAS — Bupati Musi Rawas, Ratna Machmud bersama Komandan Resort Militer (Danrem) 044/Garuda Dempo (Gapo), Brigjen TNI M Naudi Nurdika meninjau korban banjir di Desa Prabumulih I Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas, Rabu (15/03/2023).

Danrem didampingi bupati menaiki perahu meninjau serta menyerahkan langsung bantuan sembako kepada masyarakat korban banjir.

Kegiatan penyerahan secara simbolis dilakukan di Desa Prabumulih 1 Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas, kemudian diserahkan sepenuhnya kepada Kepala Desa untuk dibagikan ke masyarakat.

Danrem mengatakan, bersama Forkompinda Musi Rawas sengaja berkunjung ke wilayah yang mengalami banjir, salah satunya di Kabupaten Musi Rawas.

“Hari ini kita bertepatan untuk melihat langsung korban banjir di Desa Prabumulih 1 Kecamatan Muara lakitan. Selain melihat, saya juga ingin memberikan saran apa yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mura,” ucapnya.

Menurutnya, pertama tindakan yang harus dilakukan yakni, bagaimana dampak dari kejadian ini dapat diminimalisir, khususnya kejadian pascabanjir.

Danrem juga menyarankan adanya posko kesehatan dan harus diaktifkan. Karena biasanya saat banjir, banyak masyarakat terserang berbagai jenis penyakit.

“Itu Dinas Kesehatan harus turun, pelayanan kesehatan harus mobile bisa menggunakan boot atau perahu, agar masyarakat yang masih bertahan di rumah bisa dijangkau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Sementara, Bupati Musi Rawas Ratna Machmud mengatakan, dirinya bersama Danrem 044/Gapo melihat langsung dan memastikan kondisi korban banjir di Desa Prabumulih 1 Kecamatan Muara Lakitan.

“Untuk di Muara Lakitan sendiri ada sekitar 4.840 KK dan 16.794 jiwa yang terdampak banjir. Itu berada di sembilan desa. Untuk di Prabumulih 1, ketinggian air ada yang mencapai 2 meter,” kata Bupati.

Lanjutnya, sesuai dengan saran dari Danrem, bahwa sejak hari pertama banjir Dinkes sudah diinstruksikan untuk turun melihat kondisi langsung masyarakat.

“Syukur Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada korban jiwa akibat banjir ini,” ucap Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Danrem dan Kodim, dan Polres serta Forkompinda lainnya yang sudah bersama-sama membantu menangani bencana banjir di Kabupaten Musi Rawas.

Turut mendampingi Kapolres Musi Rawas AKBP Danu Agus Purnomo S.IK.M.H, Dandim 0406 Letkol Arm Anggeng Prasegyo Sulistyo Waka II DPRD Musi Rawas Hendra Adi Kusuma, Asisten I Ali Sadikin, Danrim, Forkopimda, Kepala OPD, Camat Muara Lakitan, TP PKK Musi Rawas, GOW Musi Rawas, dan Kades di Kecamatan Muara Lakitan.

Reporter: Umami Yanti
Editor: Wahyudy Paputungan

Komentar