Warga Upai Raih Omset Jutaan Rupiah Per Minggu dari Penjualan Kurungan Ayam

KOTAMOBAGU–Memiliki keahlian kerajinan tangan berbahan besi, warga Kelurahan Upai Kecamatan Kotamobagu Utara, Aan Ponamon, mencoba peruntungan membuka usaha kurungan besi kliter ayam.

Kerajinan berbahan dasar besi dan jaring soma ini, dibuat sedemikian rupa hingga menghasilkan Kurungan besi kliter ayam yang indah dan bernilai ekonomis.

“Saya termotivasi membuat kurungan kliter/putar ini karena sebelumnya saya biasa membuat pagar dari besi, sehingga muncul ide membuat kurungan ayam dari besi. Selain itu, karena hasil jual bisa dibilang lumayan, saya pun terdorong untuk buat modal menambah usaha,” katanya.

Dijelaskannya, ia memulai usaha tersebut sejak awal Januari 2021. Ada pun untuk pembuatan kurungan, dirinya membutuhkan waktu 2 hari untuk menyelesaikannya.

“Untuk membuat kurungan ini saya bisa selesaikan selama 2 hari untuk 1 buah kurungan. Pesan dulu baru akan dibuatkan. Alhamdulillah bisa sampai 30 orang yang minta bikinkan kurungan. Jadi, saya harus menyelesaikan hingga 30 kurungan,” akunya.

Harga per satu kurungan, katanya, dibanderol Rp 600 ribu sampai Rp 700 ribu.

“Kelebihan kurungan besi ini, kurungannya awet dan tahan lama, kokoh dan kuat, aman dari gangguan hewan lain. Dari hasil usaha ini saya bisa mendapatkan jutaan rupiah per minggu,” ujarnya.

Lanjutnya, kurungan ayam buatannya itu dipasarkan secara manual kepada peternak ayam dan perseorangan yang hobi memelihara ayam bangkok.

“Selain itu, saya juga memasarkannya secara online dengan cara memposting di beberapa komunitas ayam bangkok lewat sosial media,” tandasnya.

Kurungan besi kliter memiliki banyak manfaat untuk ayam peliharaan. Selain digunakan untuk kandang ayam, kurungan besi kliter ini juga dapat digunakan untuk melatih fisik ayam, membuat otot kaki ayam semakin kokoh dan berisi. Konstruksinya terdapat sekat antara kurungan dalam dan luar, sehingga aman untuk melatih fisik ayam supaya tidak melukai satu sama lain. (*)

Komentar