Belum Posting APBDes, Imbasnya BLT Tak Terealisasi

BOLTIM – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BLT) untuk masyarakat Bolaang Mongondow Timur (Boltim) per tahun 2021, hingga saat ini belum direalisasi.

Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, Dra Herlina Damopolii waktu disambangi di ruang kerjanya, menyampaikan kepada awak media ini bahwa penyaluran BLT, sejak bulan Januari belum direalisasi.
Hal tersebut dipicu oleh adanya keterlambatan posting Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) per tahun 2021.

“Untuk BLT tahap satu tahun 2021 sebenarnya sudah harus direalisasikan sejak bulan januari kemarin. Namun adanya keterlambatan posting APBDes oleh pihak desa, sehingga penyaluran BLT yang seharusnya telah masuk tahap 3 dibulan maret ini, belum juga direalisasikan,” terangnya.

“Tapi untuk Surat PertangungJawaban APBDes tahun 2020, sudah rangkum semua,” sambungnya.

Herlina Damopolii juga menghimbau, kepada para Sangadi agar segera memerintahkan aparatnya untuk secepatnya melakukan Posting APBDes tahun 2021.

“Diusahakan untuk semua Sangadi agar segera memerintahkan kepada KAUR Perencanaan dan Sekdes untuk segera membuat/posting APBDES secepatnya, sebelum batas waktu yang telah ditetapkan oleh bapak Wakil Bupati,” tutup Herlina.

Sementara itu, Wakil Bupati Oskar Manoppo, pada kunjungan kerjanya bersama Bupati Boltim Sama Sachrul Mamonto, di Kecamatan Nuangan dan Motongkad, Selasa (16/3/2021) kemarin, juga menegaskan kepada para Sangadi untuk mempercepat perampungan APBDes.

“Menyangkut APBDes 2021 perjanjian yang disepakati hanya satu Minggu untuk memosting APBDes. Dimohon keseriusan para Sangadi. Dan untuk APBDes tahun 2020, tolong dilengkapi pertanggungjawabannya, jangan sampai pemeriksaan dari BPK dokumennya tidak siap,” tegas Wakil Bupati.

(Fichi)

Komentar