Terkait Verifikasi Lapangan APE dan Penilaian KLA, Pemkab Bolmong Gelar Rakor

BOLMONG— Terkait verifikasi lapangan Anugrah Prahita Ekapaya (APE) Tahun 2021 dan penilaian mandiri Kabupaten Layak Anak (KLA), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) bersama beberapa instansi Pemkab Bolmong,  menggelar rapat koordinasi (Rakor), Rabu (17/3/2021).

Rakor yang dilaskanakan di ruang rapat Bappeda ini, dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang.

Tahlis mengatakan, rakor tersebut untuk menyamakan persepsi yang berhubungan dengan APE dan KLA, berdasarkan tugas pokok dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain itu, ia meminta kepada OPD terkait agar mengumpulkan dokumentasi yang telah teradministrasi sebagai bahan indikator penilaian.

“Semua OPD diminta untuk menyerahkan bukti administrasi dan dokumentasi terkait KLA dan APE,” ucapnya.

Sementara itu Kepala DP3A Bolmong, Farida Mooduto mengungkapkan, dari 15 daerah yang mengikuti penilaian mandiri pada bulan Februari lalu,  7 daerah diantaranya dinilai memenuhi syarat mengikuti penilaian di tingkat nasional. Dan satunya adalah Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Hari ini ada pelaksanaan rakor dalam rangka verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) ke Sulawesi Utara,” ungkapnya, Rabu (17/3/2021).

Verifikasi lapangan, terangnya, dilaksanakan hanya sehari pada 29 Maret 2021 mendatang. Melalui daring, karena masih dalam situasi pandemi.

“Penilaian itu nantinya akan dihadiri perwakilan pimpinan daerah, ketua kelompok kerja (Pokja) dalam hal ini Bappeda dan beberapa instansi terkait lainnya,” katanya.

Lanjutnya, ada beberapa hal yang menjadi indikator dalam penilaian, dan hasil penilaian verifikasi lapangan itu, akan dibagikan melalui tayangan.

“Nanti akan dicocokan semua dokumen, foto, RPJMD serta rencana aksi, apakah benar pengarusutamaan gender sudah terlaksana dengan benar di Kabupaten Bolaang Mongondow,” ujarnya.

Ia pun berharap ada kerja sama antar instansi. Namun, jika melihat pertemuan dalam rakor tersebut, respon dari para pimpinan SKPD sangat luar biasa.

“Pertemuan ini dihadiri langsung oleh pak sekda, ini membuktikan keseriusan Kabupaten Bolmong, kami yakin pasti bisa,” tandasnya.

(*)

Komentar