117 Mahasiswa UNIKA Manado KKN di Boltim

BOLTIM –Sebanyak 117 Mahasiswa dari Universita Katolik (UNIKA) De La Salle Manado melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Mahasiwa program studi profesi ners Fakultas Keperawatan itu, diterima langsung Asisten I Pemerintah Kabupaten Boltim, Priyamos, Senin (17/5).

Mewakili Bupati, Asisten I Pemkab Boltim, menyampaikan rasa terima kasihnya serta ucapan selamat datang kepada 117 Mahasiswa peserta KKN tersebut.

“Saya atas nama peribadi dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur mengucapkan selamat datang kepada jajaran citivas Akademika Universitas Katolik DE LA SALLE Manado yang akan melaksanakan KKN. Kami juga menyampikan terima kasih kepada pihak Universitas karena telah memilih Kabupaten Boltim untuk pelaksanaan KKN kali ini,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan KKN merupakan salah satu wujud menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi, dalam rangka pengabdian mahasiswa kepada masyarakat serta pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah didapatkan selama perkuliahan.

“Kita ketahui bersama bahwa program kuliah kerja nyata seperti ini, pasti dijumpai disetiap perguruan tinggi dimanapun di Indonesia, bila mana tentunya mahasiswa ingin menyelesaikan status pendidikannya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan beberapa hal terkait tradisi dalam bermasyarakat di Kabupaten Boltim, sebagaimana telah tertuang kedalam Motto daerah sebagai bekal mereka dalam berinteraksi saat melaksanakan program KKN.

“Adik-adik perlu ketahui bahwa kondisi sosial budaya masyarakat Bolaang Mongondow Timur secara umum menggambarkan nilai filosofis yang dinamakan Pogogutat (rasa persaudaraan yang kuat). Dimana masyarakat menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan saling bantu-membantu, gotong royong  atau Momosad, dalam segala aspek kehidupan suka maupun duka. Nilai Folosofis ini tertuang dalam Motto masyarakat Boltim yaitu Mototompiaan (saling memperbaiki), Mototabian (saling menyayangi), dan Mototanoban (saling mengingatkan),” ucapnya.

(Fichi)

Komentar