Soal PBB dan PAD Bolsel Tahun 2022, Ini Penegasan Bupati Iskandar

BNews, BOLSEL — Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, menghadiri rapat evaluasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan evaluasi Pendapat Asli Daerah (PAD) Tahun 2022, bertempat di Lapangan Futsal komplek kawasan Perkantoran Panango, Senin, 5 September 2022.

Iskandar Kamaru dalam sambutannya mengatakan Pendapatan Asli daerah (PAD) merupakan indikator utama penilaian tingkat kemandirian fiskal di daerah.

“Jadi semakin tinggi PAD suatu daerah maka semakin rendah pula ketergantungan kita terhadap dana transfer pemerintah pusat,” kata Iskandar.

Iskandar mengungkapkan, berdasarkan laporan Kepala BPKPD masih ada Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) pengelolaan PAD nya di bawah rata rata.

“Bahkan ada instansi yang belum sama sekali ada realisasinya,” sebut Iskandar.

Iskandar menghimbau instansi agar secepatnya merealisasikan target capaian PAD sebelum batas waktu. Agar nantinya kedepan realisasi PAD tidak ada kendala lagi.

Selain itu Iskandar menegaskan juga terkait capaian PBB. Di mana masih terdapat beberapa desa yang progres realisasinya masih di kisaran 40-an persen.

“Untuk para sangadi yang belum mencapai target, segera selesaikan pelunasan PBB, batas waktu pelunasan PBB hanya sampai tanggal 30 November,” tegas Iskandar.

“Saya menegaskan kembali kepada para Kepala SKPD pengelola PAD dan desa yang capaian PAR maupun PBB nya masih jauh dari yang ditargetkan, agar segera mungkin melakukan optimalisasi penagihan agar apa yang sudah ditargetkan sebelum batas waktu yang diberikan dapat tercapai,” kata Iskandar.

Peliput: Wawan Dentaw

Komentar