Bupati Bolsel Hadiri Rapat Evaluasi PBB dan Evaluasi PAD 2022

BNews, BOLSEL– Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru menghadiri rapat evaluasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan evaluasi Pendapat Asli Daerah (PAD) Tahun 2022.

Rapat evaluasi tersebut dirangkaikan Launching Sistem Informasi dan Terintegrasi (SI-PATEN) sekaligus sosialisasi petik bunga (Pembayaran Kolektif Pajak Bumi dan Bangunan dan Kanal Pembayaran Digital) bertempat di futsal kompleks kawasan perkantoran Panango, Senin, 5 September 2022.

Tampak para SKPD mengikuti rapat evaluasi PBB dan PAD Tahun 2022. (Foto: Wawan Dentaw/Bolmong.News)

Dalam sambutannya Iskandar Kamaru mengungkapkan, yang dilaporkan oleh Kepala BPKPD masih ada Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) pengelolaan PAD nya di bawah rata rata. Begitu pun Desa.

Ia mengaskan kepada para Camat agar lebih aktif lagi melakukan evaluasi mingguan atas capaian di tiap desa yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Dimana banyak yang belum merealisasikan PAD maupun PAD,” tutur Iskandar.

Iskandar mengapresiasi kepada desa yang progres capaian realisasi sudah mencapai target, begitu pun SKPD.

“Untuk desa maupun SKPD yang progres capaian realisasi PBB maupun PAD nya sudah maksimal apresiasi serta atensi yang besar atas kerja dan upaya yang telah kalian capai, saya harap hal ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan kedepan,” tutur Iskandar.

Suasana rapat evaluasi PBB dan PAD Bolsel Tahun 2022. (Foto: Wawan Dentaw/Bolmong.News)

Disamping itu Iskandar mengatakan pelunasan pajak sudah sangat mudah dengan hadirnya aplikasi Sistem Informasi PajakTerintegrasi (SI-PATEN) yang digagas oleh Kepala BPKPD.

Di sisi lain pemerintah daerah juga berupaya melakukan peningkatan layanan pajak. Agar dapat sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini.

Sehingga sistem pengelolaan pajak daerah terutama pada sistem pembayaran pajak daerah agar menjadi lebih mudah, cepat, efektif serta akuntabel.

“Dengan hadirnya SI-PATEN akan mempermudah pembayaran pajak,” kata Iskandar.

Iskandar menjelaskan dengan Hadirnya SI-PATEN dengan berbagai aplikasi layanan yang langsung menyentuh kepada masyarakat, maka diharapkan akan tercipta rasa kepercayaan masyarakat selaku wajib pajak kepada pemerintah daerah. Sehingga dengan sendirinya akan menstimulasi masyarakat untuk sadar akan kewajiban pajaknya.

“Selain memudahkan pemerintah untuk memonitor capaian realisasi PBB secara riil time, juga manfaatnya bagi masyarakat dapat langsung memantau pajak yang telah dibayarkannya di desa secara online hanya dengan memasukan nomor objek pajaknya,” kata Iskandar.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru didampingi Sekda Bolsel Arvan Ohy, dan sejumlah pimpinan SKPD saat melaunching aplikasi SI-PATEN, Senin, 5 September 2022. (Foto: Wawan Dentaw/Bolmong.News)

Lanjut Iskandar, dengan adanya dukungan penuh dari PT Bank SulutGo dalam pengembangan kanal-kanal pembayaran digital selain melalui teller, sms banking, ataupun Anjungan Tunai Mandiri (ATM) juga melalui Mobile Banking (BSG Touch).

“Ini juga sudah sesuai dengan apa yang diamanatkan dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 03 tahun 2021 tentang pembentukan satuan tugas percepatan dan perluasan digitalisasi daerah guna mendorong penguatan perekonomian nasional dan daerah,” kata Iskandar.

Sehingga tambah Iskandar, untuk Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sendiri membentuk tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 128 tahun 2021.

“Nah, dengan inovasi SI-PATEN ini merupakan bagian langkah pemerintah daerah menuju pada transformasi digitalisasi pemerintah daerah khususnya pada sektor pendapatan daerah,” ucap Iskandar.

Advetorial.

Komentar